Review Samsung Galaxy M20: Baterainya Tahan Dua Hari

0 Komentar

JAKARTA — Samsung Indonesia memperkenalkan smartphone Galaxy seri baru yang dinamai seri M pada tengah Februari 2019, yakni Galaxy M20 dan M10. Banyak keunggulan yang ditawarkan pada seri Samsung Galaxy M pertama di Indonesia ini.

Galaxy M20 memiliki layar Infinity-V dengan resolusi FHD dan ukuran 6,3 inci, sedangkan Galaxy M10 hadir dengan layar Infinity-V dengan resolusi HD berukuran 6,2 inci yang memastikan pengalaman menonton yang memukau.

Khusus Galaxy M20, smartphone ini banyak disukai orang. Perpaduan fitur, seperti layar infinity, baterai besar, charging cepat, multi camera dengan Ultra-Wide Lens, dan chipset yang mumpuni, plus ditunjang dengan harga yang terjangkau, membuat smartphone ini segera sold out dalam periode pre ordernya baik di India maupun di Indonesia.

Galaxy M20 berkapasitas baterai superbesar, yakni 5.000 mAh. Bisa tahan dua hari penggunaan. M20 juga memiliki prosesor berkinerja prima, tampilan Infinity-V terbaik, dan fitur canggih seperti dual camera dengan ultra-wide lens. Namun, bukan itu saja keunggulannya. Berikut ulasan selengkapnya!

Dapur Pacu

Khusus untuk segmen Galaxy M20 ini, Samsung membuat khusus chipset octa core Exynos 9704, perpaduan 2 inti prosesor cepat dengan 6 inti prosesor irit daya yang dibuat dalam fabrikasi 14nm. Chip prosesor ini disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang akan menggunakannya.

Dapur pacu ini dilengkapi RAM 3GB dengan tipe LPDDR4x dan internal storage 32 GB dan dukungan slot khusus micro SD hingga 512 GB. Dengan RAM ini, kinerja smartphone dalam melakukan multitasking tidak tersendat karena penggunaan tipe RAM LPDDR4x yang baru dengan kinerja cepat dan hemat daya, di mana kebanyakan smartphone mid-end masih menggunakan tipe LPDDR3 yang lama.

Desain dan Layar

Galaxy M20 menjadi smartphone mid-end Samsung yang terlihat berganti desain atau model, dengan kehadiran layar penuh yang dinamakan Infinity V, hampir seluruh permukaan depan smartphone adalah layar dengan bezel yang tipis di kiri kanan dan atas bawah, dengan coak notch kecil berisi kamera selfie. Dengan bezel yang tipis ini, walau
Galaxy M20 memiliki layar 6.3 inci, ukurannya terasa kompak, dan frame-nya yang melengkung tanpa ada sudut-sudut yang tajam, membuatnya nyaman digenggam dan mudah dikantongi.

Baterai Jumbo dan Fast Charging

Galaxy M20 dilengkapi dengan baterai jumbo 5000 mAh. Masih sedikit smartphone mid-end yang memiliki baterai dengan kapasitas sangat besar, padahal dibutuhkan oleh mereka yang komuter dan para milenial yang seharian banyak beraktivitas di luar rumah. Memberikan baterai 5000 mAh pada Galaxy M20 ini sepertinya langkah yang tepat karena dipadukan dengan chipset yang irit daya. Waktu penggunaan bisa mencapai dua hari, dan screen on time (saat device digunakan) bahkan lebih dari 5 jam, dalam test, mudah mencapai 8 jam sekalipun, dan masih menyisakan baterai 20%. Dengan kondisi ini pemilik smartphone tidak perlu kuatir untuk repot-repot membawa charger atau powerbank kemana-mana, lebih meringkas bawaan.

Dual Camera

Galaxy M20 dilengkapi dengan 2 kamera belakang, kamera utama 13 MP dengan aperture besar f/1.9, dan kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.2. Galaxy M20 menggunakan kombinasi satu kamera utama, dan satu lagi kamera dengan lensa ultrawide atau sangat lebar. Ultra-wide camera ini sekarang dirasa lebih berguna, karena bisa mengambil scene utuhseperti apa yang ditangkap oleh mata kita, karena mata kita bisa memandang dengan lebar sekitar 120 derajat, sementara kamera utama kebanyakan di 70 derajat-an saja. Kamera lensa lebar ini berguna untuk mengambil
gambar landscape dengan cukup 1 kali foto, atau foto arsitektur yang lebar atau tinggi. Atau mengambil foto diri sekaligus menangkap background yang luas di belakangnya. (*/LS)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...