Bayar Utang ke Rekanan, Pemda Terbitkan SK Parsial

Jumat, 5 April 2019 - 14:00 WIB

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Utang Pemkab Enrekang kepada pihak rekanan atau kontraktor mulai menemui titik terang. Pemkab mulai akan bayarkan bertahap.

Kabid Anggaran Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Enrekang, Permadi Hasan mengatakan jumlah utang pemda kepada rekanan mencapai Rp48 miliar. Ini mencapai ratusan proyek 2018 yang tersebar di berbagai dinas. Dan sempat dikeluhkan para kontraktor.

“Kita sudah ada jalan keluar. Sudah ada SK Parsial yang diteken Bupati untuk membayarkan utang kepada rekanan secara bertahap. Kami sudah minta kontraktor bersabar karena kondisi keuangan daerah memang sulit atau defisit,” ungkapnya, Jumat (05/04/2019).

Permadi menambahkan, SK parsial ini sudah diteruskan ke DPRD. Kata dia, keterlambatan ini bukan sepenuhnya kesalahan pemda. Tetapi juga karena faktor waktu pelaksanaan pekerjaan yang melewati batas pencairan keuangan.

“Karena selalu itu pencairan anggaran ditutup per 15 Desember. Sementara, kontrak pekerjaan baru berakhir 31 Desember. Jadi Pemda sudah tutup kas, kontrak pekerjaan masih berjalan,” bebernya. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.