JK bakal Hadiri Festival Kebangsaan UMM

Jumat, 5 April 2019 - 17:29 WIB

Festival Kebangsaan UMM yang digelar tahun lalu. (Humas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM))

FAJAR.CO.ID, MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar Festival Kebangsaan, Sabtu besok (6/4). Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan menghadiri acara yang tahun ini mengambil tema ‘Mengukuhkan Semangat Kebhinekaan Menuju Indonesia Berkemajuan’ tersebut.

Rektor UMM Fauzan mengatakan, Festival Kebangsaan II ini merupakan sebuah event untuk merayakan nilai-nilai kebangsaan, sekaligus untuk mempersatukan gagasan. “UMM ingin berperan aktif dalam bridging the gap, menjembatani jarak antar perbedaan menuju kebersamaan,” ujarnya, Jumat (5/4).

Kehadiran JK pada event tahun ini berdasarkan pertimbangan kontribusinya pada harmonisasi kehidupan Kebhinekaan. Selain itu, JK juga dikenal dekat dengan keluarga besar Muhammadiyah.

Fauzan menerangkan, pada hari peringatan Milad Persyarikatan Muhammadiyah beberapa waktu lalu, JK mendapatkan Muhammadiyah Award dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Penghargaan tertinggi tersebut diberikan kepada Jusuf Kalla sebagai tanda terima kasih dan penghormatan PP Muhammadiyah.

“Jusuf Kalla merupakan tokoh bangsa yang sangat berperan penting dan penuh pengabdian dalam menyelesaikan konflik, serta membangun perdamaian, serta kemanusiaan,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat itu.

“Jusuf Kalla juga telah menggoreskan sejumlah kepeloporan dan kiprah nyata dalam merekat integrasi nasional,” lanjut Haedar.

Kedekatan JK dengan Muhammadiyah sudah berlangsung lama. JK sendiri sejak kecil dibesarkan dalam lingkungan keluarga Muhammadiyah. Bahkan Sang Ibu, Athirah Kalla, pernah tercatat sebagai pengurus Aisyiyah di Makassar.

Sebelumnya, JK juga sudah pernah datang ke Kampus Putih pada 2014 silam. JK datang ke UMM bersama Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Mega menerima penganugerahan UMM Award untuk Tokoh Bangsa yang ditujukan untuk mendiang suaminya, Muhammad Taufiq Kiemas.

Festival ini juga menjadi puncak dari beberapa event di UMM sebelumnya yang menggalang partisipasi dari berbagai kalangan masyarakat dan mahasiswa. Pada festival ini, rangkaian kegiatan yang akan digelar yakni Rembug Kebangsaan, Gelar Seni Budaya Tradisional, Gelar Karya Produktif Dosen dan Mahasiswa, serta ditutup dengan dihelatnya peresmian infrastruktur baru milik UMM.

Selain itu, UMM juga akan me-launching infrastruktur terbaru yang tuntas dibangun pada tahun ini. Yakni berupa Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV, Hotel Pendidikan Kapal Garden Hotel, jembatan, dan Rumah Susun Mahasiswa di lingkungan Rumah Sakit UMM.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.