Karaeng Tojeng Karaeng Galesong Diusul Menjadi Nama Jalan

Jumat, 5 April 2019 - 17:44 WIB
Raja Galesong ke-17, Mallarangeng Abddullah Karaeng Gassing (kanan) bercengkrama dengan Bupati Takalar, Syamsari Kitta dan Muh Roem, di Balla Lompoa Galesong, Kamis (4/4/2018).

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Bupati Takalar, Syamsari Kitta mengusulkan, sepanjang jalan poros Takalar Galesong diberi nama “I Mannindori Karaeng Tojeng Karaeng Galesong”.

Menurut Syamsari, nama ini sangat cocok. Sebab, nama ini adalah salah satu tokoh yang juga pahlawan asal Galesong. Harus dijaga agar selalu dikenang oleh generasi muda.

“Pahlawan kita, I Mannindori Karaeng Tojeng Karaeng Galesong, ini merupakan putra dari Pahlawan Nasional, Sultan Hasanuddin. Ini harus kita jaga,” ucapnya, Jumat (5/4/2019).

Orang nomor satu di Takalar ini juga sudah membeberkannya disela memperingatan hari jadi Gaukang Karaeng Galesong yang ke-258, di Halaman Balla Lompoa Galesong, Kamis, 4 April.

Dihadapan Wakapolda Sulsel, Brig Jend Pol Adnas yang pada acara ini pula dianugerahi gelar, Karaeng Malewa oleh Raja Galesong ke-17, Mallarangeng Abddullah Karaeng Gassing dan didengar langsung Ketua DPRD Sulsel, Muh Roem.

Pengusulan jalan ini juga mendapatkan respon positif dari pihak Kerajaan Galesong, Kerajaan Sanrobone, Kerajaan Polongbangkeng, dan Kerajaan Laikang.

“Kita patut berbangga Takalar mewarisi empat lembaga adat olehnya itu kita harus menjaga warisan dari keempat lembaga adat,” ucap Muh Roem yang juga adalah Ketua Lembaga Adat Karaeng Galesong. (sua)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.