Kasus Amplop Luhut ke Kyai, ACTA Ingatkan Jokowi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi melaporkan Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan ke Bawaslu karena diduga melakukan pelanggaran Pemilu sebagai pejabat negara.

Wakil Ketua ACTA, Tubagus Ashgar mengatakan bahwa laporannya kepada Bawaslu itu untuk mengingatkan perintahan Presiden Joko Widodo yang sebelumnya meminta masyarakat mengawasi ASN untuk netral.

“Rujukannya adalah ketika Pak Jokowi pada acara debat Pilpres mengatakan, ‘laporkan saja aparat kami yang melakukan tindakan-tindakan di luar kepatutan dan melanggar undang-undang’,” kata Ashgar kepada wartawan di Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (5/4).

Tak hanya itu, pihaknya juga meneruskan keinginan Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang berulang kali menegaskan netralitas ASN.

“Oleh karena itu pernyataan Pak Jokowi, pernyataan Pak Wiranto, dan pernyataan Mendagri ini kita uji apakah aparatur negara terutama ASN di bawah komando Pak Jokowi, baik kepolisian maupun TNI adalah netral atau berpihak,” tuturnya.

Lebih lanjut, ACTA menaruh harapa besar kepada Bawaslu untuk menindak tegas aparatur negara baik ASN maupun TNI Polri terutama dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

“Nah sekarang adalah muaranya di Bawaslu. Bawaslu harus berani mengambil tindakan kalau ini adalah pelanggaran tindak pidana dalam undang-undang pemilu harus dikatakan ke masyarakat,” demikian Ashgar. (Fajar/rmol)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...