Tingkatkan Kemampuan Bahasa Arab, Himab Unhas Bikin Perkampungan Bahasa

Jumat, 5 April 2019 - 13:09 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tingkatkan kemampuan berbahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Sastra Asia Barat (Himab) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Muaskar Lughowy.

Ketua Himab Unhas, Nirwan Anwar, menjelaskan bahwa, muaskar lughowy dalam bahasa arab berarti perkampungan bahasa. Kegiatan itu dikemas dalam bentuk perkemahan di Desa Lembanna, Gowa.

“Tujuannya agar semakin meningkatkan kemampuan berbahasa arab, yang dikemas lebih kekeluargaan selama tiga hari,” jelasnya, Jumat, 5 April.

Adapun jumlah peserta dari kegiatan ini berkisar 40 orang, yang didampingi langsung oleh tiga orang dosen termasuk Ketua Jurusan Sastra Asia Barat itu sendiri.

“Desa Lembanna, Malino dipilih karena tempat ini dianggap sesuai dengan konsep kegiatan tahun ini, yaitu perkampungan bahasa yang dirangkaikan dengan tadabbur alam,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, konsep yang ditawarkan dalam kegiatan ini berupa materi interaktif yang dirangkaikan dengan beberapa permaian.

“Adapun muatannya dalam bentuk muhadasah atau percakapan bahasa arab, istima atau mendengar, menghafal kosa kata bahasa arab, insya atau menulis bahasa arab dengan benar,” bebernya.

Salah seorang mahasiswa Sastra Arab, Rima Reynita merasa sangat terkesan dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatannya yang sangat bagus, karena belajar bahasa arab bisa lebih menyenangkan. Apalagi dengan susasana alam, serta menjalin keakraban dengan teman himpunan,” jelasnya. (fit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *