Jelang Coblosan, 13 Ribu Warga Jateng Belum Pegang E-KTP

0 Komentar

Setidaknya 13.128 warga di Jawa Tengah belum mendapatkan e-KTP jelang coblosan Pemilu 2019. (Tika Hapsari/JPC)

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Setidaknya 13.128 warga di Jawa Tengah belum mendapatkan e-KTP hingga jelang masa coblosan Pemilu 2019. Kendati demikian, bisa dipastikan bahwa ribuan orang tersebut sudah melangsungkan perekaman data.

Pernyataan itu disampaikan Kelapa Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil(Dispermadesdukcapil) Jawa Tengah, Sugeng Riyanto. Mereka yang belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk ini hanya tinggal menunggu proses pencetakan usai saja.

“Yang belum tercetak e-KTP-nya per hari ini ada 13.128. Mereka sudah rekam tapi e-KTP tersebut belum dicetak. Paling banyak berada di Pemalang, Cilacap dan Brebes,” kata Sugeng, Jumat (5/4).

Ia mengakui penanganan pembagian e-KTP ini sedikit lambat, karena memang ada kendala di sejumlah daerah. Sebut saja di Pemalang yang ada permasalahan pada kesiapan sumber daya manusianya. Ditambah, leletnya koneksi internet yang tidak membantu menyelesaikan persoalan.

Lalu di Kabupaten Brebes dan Cilacap. Katanya masih banyak antrean pembuatan e-KTP di beberapa kecamatan. Tapi, Sugeng menjamin bahwa Pemerintah Provinsi ikut turun tangan di situ dengan segala hal yang bisa dilakukan.

“Termasuk meminjami mesin printernya. Sehingga sampai hari ini, dari 27.170.000 jiwa yang sudah rekam e-KTP. Yang belum tinggal 0,04 persen,” klaimnya.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jateng itu menambahkan, mereka-mereka yang belum mendapatkan e-KTP ini dominannya merupakan para pemohon baru. Artinya, mayoritas yang belum lama ini menginjak usia 17 tahun.

Mengingat hari H Pemilu 2019 cuma tinggal hitungan hari, Sugeng menegaskan, pihaknya tengah melakukan upaya jemput bola agar semua bisa memiliki syarat vital mencoblos ini. Hari libur pun bukan alasan, karena rumah warga tetap akan disambangi.

“Kita layani semua berkas lengkap sehari jadi. Karena kita dipantau langsung sama Dirjen Disdukcapil. Makanya, kita permudah layanan rekam e-KTP,” pungkasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...