KRI Usman Harun Tangkap 2 Kapal Ikan Vietnam

0 Komentar

Kapal ikan berbendera Vietnam yang berhasil diamankan KRI Usman Harun (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Potensi laut Indonesia masih menjadi incaran kapal-kapal asing. Terbukti dengan maraknya kegiatan ilegal fishing. Terbaru, KRI Usman Harun-359 Unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada I menangkap dua kapal ikan berbendera Vietnam yang melakukan ilegal fishing di Laut Natuna Utara pada Jumat (5/4).

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan, penangkapan berawal saat KRI Usman Harun melaksanakan patroli rutin di wilayah Barat perairan Indonesia. Selanjutnya, tim mendapatkan kontak kapal pada posisi 05° 45’ 438’’ U-106° 43’ 596’’ T. Tepatnya di Laut Natuna Utara.

KRI Usman Harun-359 kemudian melakukan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (jarkaplid). Dilanjutkan dengan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap dokumen, anak buah kapal (ABK), dan muatan kedua kapal.

Di kapal pertama bernama BV 92674 TS yang dinakhodai Tran Van Hung, didapati delapan ABK. Semuanya Warga Negara Vietnam. Kapal ini berisi ikan dan campuran es di empat palka. Di kapal kedua bernama BV 0288 TS dengan nakhoda Tran Van Thai membawa 12 ABK. Di kapal tersebut terdapat satu palka berisi ikan dan campuran es.

“Saat diamankan, kedua KIA Vietnam tersebut sedang melaksanakan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan Indonesia (ZEEI). Sehingga Komandan KRI Usman Harun-359 Letkol Laut (P) Himawan memerintahkan agar kedua KIA Vietnam di adhoc menuju Lanal Batam guna proses hukum lebih lanjut,” kata Margono dalam keterangannya, Sabtu (6/4).

Penangkapan kapal ikan asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan hukum di laut. Pada 2019, Koarmada I telah beberapa kali mengamankan kapal ikan asing asal Vietnam yang melakukan ilegal fishing di Perairan Natuna Utara.

Pada 17 Februari lalu, Koarmada I berhasil mengamankan kapal asing berbendera Vietnam yang memuat 150 ton bahan bakar minyak jenis Solar. Kapal diduga menjadi penyuplai kapal ikan lain yang melakukan ilegal fishing. Selanjutnya pada 24 Februari 2019, KRI Bung Tomo-357 mengamankan empat kapal ikan berbendera Vietnam di perairan Indonesia.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...