Percantik Jendela, Lebih Pilih Tirai Gulung Atau Gorden?

Sabtu, 6 April 2019 - 09:31 WIB

Jendela rumah terlihat lebih cantik dengan pemilihan gorden yang tepat. (Bob Vila)

FAJAR.CO.ID – Menata rumah memiliki sensasi tersendiri. Apalagi untuk mengatur suasana dekorasi di setiap sudut untuk mempercantik ruangan. Untuk menghias jendela misalnya, tentu dibutuhkan tirai atau gorden sesuai kebutuhan. Paling terpenting adalah tidak menghalangi ventilasi dan cahaya matahari yang masuk.

Setiap orang punya selera dalam menghias jendela rumahnya. Ada dua pilihan, mau memakai gorden yang terbuat dari kain, atau lebih memilih roller blind atau tirai gulung yang terbuat dari besi, plastik, dan kayu. Dilansir dari Bob Vila, Jumat (5/4), masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Itu semua disesuaikan selera sang pemilik rumah.

Penutup jendela biasanya untuk mengontrol cahaya, privasi, dan suhu dalam ruangan sambil melengkapi dekorasi. Baik tirai gulung dan gorden masing-masing memiliki manfaat dan kelemahan.

1. Tirai Gulung

Lebih Murah
Tirai gulung atau roller blind membutuhkan lebih sedikit bahan dan waktu untuk memasangnya. Dalam 10 hingga 20 menit, seorang profesional dapat menempatkan bingkai jendela, memasang tirai, dan penyempurnaan. Tirai gulung bisa juga disebut dengan kerai. Pilih bahaj plastik akan menurunkan biaya material.

Kontrol Cahaya
Bilah pada kerai, yang terletak baik secara vertikal maupun horizontal, dapat dioperasikan dengan dua cara untuk mengatur cahaya. Menarik kabel atau memutarnya bisa menaikkan dan menurunkan bilah tirai.

Mudah Dibersihkan
Tirai gulung memiliki permukaan yang keras dan licin, sehingga membersihkannya dengan kain mikrofiber cepat dan mudah. Untuk menghilangkan debu dari kedua sisi kerai, tutup bilah dan bersihkan dengan kain lap dari atas ke bawah. Kemudian putar bilah 180 derajat dan ulangi dengan arah yang berlawanan. Untuk menghilangkan kotoran dan noda yang membandel, basahi kain lembut dengan air biasa atau campuran 25 persen cuka putih dan 75 persen air.

Lebih Awet
Bahan sintetis tirai, baik itu plastik, vinil, aluminium, atau kayu berlapis polimer, membuatnya tahan terhadap perubahan warna dan pewarnaan. Blind juga lebih kaku dan kasar dibanding gorden.

2. Gorden

Menyerap Panas Matahari
Gorden menawarkan isolasi yang lebih baik dan kedap suara. Gorden lebih memudahkan cahaya untuk masuk dan menyerap panas.

Desain Lebih Variatif
Gorden menawarkan lebih banyak desain. Anda akan menemukan gorden dengan berbagai desain, pola, dan tekstur. Mempercantik kamar dengan gaya desain interior klasik.

Kombinasi
Penggunaan gorden bisa dikombinasikan dengan tirai gulung. Sehingga memaksimalkan pilihan desain dan privasi.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *