PKS Akan Terus Perjuangkan SIM Seumur Hidup dan Penghapusan Pajak Motor

Sabtu, 6 April 2019 - 23:14 WIB

Replika SIM seumur hidup yang terpampang saat acara kampanye akbar PKS di Hotel UTC, Kota Semarang, Sabtu (6/4). (Tunggul Kumoro/jpc)

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan terus memperjuangkan penghapusan pajak kendaraan motor. Sekaligus mengupayakan pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup. Namun penghapusan tersebut akan belaku untuk kendaraan bermotor dengan klasifikasi tertentu.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menyampaikan, program itu masuk akal jika melihat adanya tax amnesty bagi wajib pajak dan bebas pajak untuk kapal pesiar. “Maka wajar dan adil pemerintah menggratiskan pajak sepeda motor roda dua 150 cc ke bawah,” kata Hidayat usai menghadiri acara kampanye akbar PKS di UTC Hotel, Kota Semarang, Sabtu (6/4).

Pertanyaan yang kemudian muncul dari banyak pihak adalah bagaimana caranya pemda memperoleh ganti pendapatan daerah jika salah satu sumber terbesarnya dihapuskan. Soal ini, Hidayat mengklaim bahwa rencana tersebut sudah dikalkulasi sedemikian rupa.

“Pada hakekatnya akan jadi keputusan politik. Selain diputuskan, juga dikomunikasikan dengan hitungan rasional sampai kesimpulan program bisa dilaksanakan,” ungkap Hidayat.

Mengenai SIM yang berlaku seumur hidup, hal itu sebagai langkah meyakinkan masyarakat bahwa negara selalu ada untuk mereka. “SIM seumur hidup sudah berlaku di beberapa negara,” tandasnya.

Saat kampanye akbar, Hidayat sempat menunjukkan contoh SIM seumur hidup. SIM selanjutnya diserahkan secara simbolis kepada salah seorang simpatisan.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *