Polisi Cegat Pengendara yang Merokok di Jalan, Dikasih Nasi Bungkus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JEMBER – Kepolisian di sejumlah daerah mulai menyosialisasikan larangan merokok sambil berkendara, termasuk Satlantas Polres Jember.

Mereka menghentikan pengendara yang kedapatan menyetir sambil merokok. Para pengendara tersebut hanya dinasihati. Setelah itu, mereka diberi nasi bungkus.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Jember, operasi itu dilakukan di Jalan Jawa dan Jalan Sumatera dengan dipimpin langsung Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael.

Anak buah Edwin menghentikan beberapa pengendara roda dua yang kedapatan merokok.

Mereka yang dihentikan polisi tak langsung diminta untuk mengeluarkan SIM dan STNK.

Polisi lebih memilih untuk menyampaikan pesan larangan merokok yang sesuai aturan. Yakni, Peraturan Menteri Perhubungan 12/2019.

“Peraturan ini melindungi keselamatan seluruh pengguna jalan. Merokok sambil nyetir bisa mengurangi konsentrasi,” katanya kepada salah seorang pengendara motor.

Menurut dia, larangan merokok tersebut terdapat di pasal 6 huruf c Permenhub 12/2019. “Berkendara sambil merokok bisa membayakan diri sendiri maupun pengendara lain,” ujarnya.

Setelah memberikan imbauan, Edwin dan anggotanya memberikan nasi bungkus kepada pengendara jalan yang dihentikan.

“Katanya kan kalau habis makan tidak merokok, itu tidak enak. Karena itu, mereka kami beri nasi bungkus,” ujarnya.(jum/hdi/c5/gun/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...