Preview Man City vs Brighton: Lawan Mudah Pasukan Pep

Sabtu, 6 April 2019 - 10:24 WIB
Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Manchester City akan memburu tiket final kedua mereka saat menghadapi Brighton & Hove Albion pada babak semifinal FA Cup di Wembley Stadium, dinihari nanti. Melihat performa kedua klub musim ini, Brighton jelas hanya kerikil kecil bagi The Citizens.

Pasukan Pep Guardiola memang sangat menakutkan musim ini. Dengan skuat termahal dunia, mereka menjelma menjadi predator. Bahkan, mereka kini tengah memburu quadruple alias empat gelar dalam semusim yang belum diraih klub Inggris manapun sebelumnya.

Kans itu terbuka. Selain sudah meraih gelar Piala Liga Inggris, mereka kini juga masih bersaing di FA Cup, Premier League dan Liga Champions. Dan untuk mendekatkan mereka ke gelar kedua, Brighton haru jadi tumbal mereka berikutnya.

Dengan hampir semua pemain pilar sudah kembali dari cedera, Pep hanya punya masalah di sektor bek kiri untuk laga ini. Bek muda, Oleksandr Zinchenko yang cedera dalam laga kontra Cardiff City dipastikan tidak bisa bermain bersama Fabian Delph.

Namun, Pep masih punya dua opsi di posisi ini. Selain Benjamin Mendy, manajer asal Spanyol itu juga bisa memainkan Danilo. Pada laga sebelumnya saat Zinchenko cedera, Danilo sudah memainkan peran tersebut.

“Danilo banyak berjuang untuk bermain di posisi itu. Saya sangat menghargainya. Itu bukan posisi alaminya, tetapi dia sering melakukannya. Kami akan melihat keputusan yang akan kami ambil untuk semifinal Piala FA,” kata Pep di Daily Mail.

Melihat kebutuhan tim, Mendy kemungkinan besar akan dipilih Pep. Walaupun kembali berulah dengan pulang dinihari dari sebuah klub malam sebelum laga kontra Fulham, tenaganya sangat dibutuhkan menghadapi tiga laga kontra Spurs yang mesti dilakoni The Sky Blues setelah semifinal ini.

Secara otomatis, ia butuh menit bermain di wembley sebagai pemanasan. “Kita akan melihat bagaimana perasaannya, bagaimana dia berlatih. Kami tidak punya banyak pilihan,” jelas Pep saat ditanya media terkait prospek memainkan Mendy.

Terlepas dari siapa yang akan dimainkan, City jelas tetap favorit. Apalagi, di Piala FA musim ini, klub Kota Manchester itu hampir selalu berpesta gol. Dalam empat laga, mereka total melesakkan 19 gol atau rata-rata hampir lima gol per pertandingan.

Kubu Brighton sebaliknya. Mereka terseok-seok. Selain itu, di Premier League Brighton masih berjuang lepas dari zona degradasi. Namun, kendati mengakui mereka underdog, Manajer Seagulls, Chris Hughton menegaskan tidak ingin melihat timnya kalah sebelum bertanding.

“Jika kita kalah sejak kita berjalan ke lapangan maka hanya ada satu hasil. Untuk punya kesempatan, kita harus bersikap positif tentang cara kita ingin mendekati permainan,” kata Hughton yang akan kehilangan Pascal Gross dikutip dari France 24.

Dalam tiga duel teranyar kedua klub, The Citizens menyapu bersih kemenangan. Sedangkan untuk pertemuan di Piala FA, kedua tim saling mengalahkan. Pada duel pertama di babak ketiga 1924 silam, Brighton menang 5-1. Setelah itu, di pertemuan kedua pada 1983, giliran City yang unggul 4-0. (amr)

Prakiraan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Mendy; De Bruyne, Fernandinho, D. Silva; B. Silva, Aguero, Sterling

Brighton (4-4-2): Ryan; Montoya, Duffy, Dunk, Bernardo; Bissouma, Stephens, Propper, Knockaert; Jahanbakhsh, Murray

 

REKAMAN PERTEMUAN

Main: 20

Manchester City menang: 11

Brighton & Hove Albion menang: 4

Imbang: 5

CATATAN GOL

Jumlah gol: 63

Gol Manchester City: 38

Gol Brighton & Hove Albion: 25

Selisih gol: 13

REKOR SKOR

Kemenangan terbesar Manchester City: 5-1

Kemenangan terbesar Brighton & Hove Albion: 4-0

Head to head di FA Cup

29/01/83 Brighton & Hove Albion 4-0 Manchester City (babak keempat)

23/02/24 Brighton & Hove Albion 1-5 Manchester City (babak ketiga)

Head to head

29/09/18 Manchester City 2-0 Brighton & Hove Albion

09/05/18 Manchester City 3-1 Brighton & Hove Albion

12/08/17 Brighton & Hove Albion 0-2 Manchester City

24/09/08 Brighton & Hove Albion 2-2 Manchester City

01/04/89 Brighton & Hove Albion 2-1 Manchester City

ROAD TO SEMIFINAL FA CUP

MANCHESTER CITY

Manchester City 7-0 Rotherham

Manchester City 5-0 Burnley

Newport 1-4 Manchester City

Swansea City 2-3 Manchester City

BRIGHTON

Bournemouth 1-3 Brighton & Hove Albion

Brighton & Hove Albion 0-0 West Bromwich Albion

West Bromwich Albion 1-1 Brighton & Hove Albion

West Bromwich Albion 2-1 Derby

Millwall 2-2 West Bromwich Albion (menang adu penalti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *