Rapsel Siap Perjuangkan Gowa Jadi Daerah Otonomi Khusus Kerajaan

0 Komentar

MAKASSAR — Calon legislatif DPR RI dari Partai NasDem, Muh Rapsel Ali, mengaku siap memperjuangkan Kabupaten Gowa menjadi daerah otonomi khusus kerajaan. Ia menilai, Kerajaan Gowa patut diperjuangkan eksistensinya mengingat jasa besarnya dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Kerajaan Gowa adalah salah satu kerajaan besar di negeri ini yang punya jasa-jasa besar layaknya Sultan Hamengku Buwono di Jogja. Saya siap perjuangkan Gowa menjadi daerah otonomi khusus seperti Jogja
(Derah Istimewa Yogyakarta),” tutur Rapsel Ali, Sabtu (6/4/2019).

Rapsel menambahkan bahwa daerah khusus bagi Gowa ini merupakan hal sangat penting, sehingga kelestarian adat budayanya dapat terjaga dengan baik hingga akhir zaman.

“Usul tersebut mendapat respons baik dari putra mahkota Kerajaan Gowa, Andi Iccang, selaku putra kedua almarhum Raja Gowa Andi Maddusila. Usul tersebut akan dibahas dengan seluruh pemangku adat kerajaan untuk mendapat persetujuan,” imbuh Rapsel yang juga menantu Kiai Ma’ruf Amien ini.

Rapsel berharap cita-cita ini tercapai, sehingga daerah istimewa bukan hanya Yogyakarta, tapi juga mencakup Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone yang juga memiliki sejarah besar kerajaan di wilayah Sulawesi Selatan.

“Jasa-jasa kerajaan besar tersebut, misalnya Kerajaan Gowa ini sangatlah besar sehingga NKRI terwujud, maka patut diperjuangkan,” jelas Rapsel lagi.

Rapsel yang juga pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (Aspeksindo) ini menambahkan bahwa sudah selayaknya pemerintah pusat membuat peraturan khusus untuk perlakuan khusus kepada beberapa kerajaan besar untuk dijadikan daerah otonomi khusus serta mendapat royalti atas kekayaan Sumber Daya Alam (SDA). (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment