Besok, 20 Lembaga Seni Kampus Se-Indonesia Menari di Unismuh

Minggu, 7 April 2019 - 14:30 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Festival tari mahasiswa nasional (Variasi) ke-5, digelar di gedung Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin (8/4/2019) besok. Pada seremoni pembukaan seluruh peserta akan mempersembahkan tari tradisional daerah masing-masing.

Sebelum pembukaan, 20 lembaga seni kampus se-Indonesia terlebih dahulu mengikuti karnaval budaya, dari Anjungan Pantai Losari menuju Kampus Unismuh.

“Tiba di kampus para peserta akan mempersembahkan tari tradisional mereka masing-masing,” kata Ketua Panitia Variasi 5, Nurul Afia Mursalim, Minggu, 7 April 2019.

Nurul Alfia menambahkan, saat karnaval peserta akan mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing yang diiringi marching band dari SMA Muhammadiyah Makassar, dengan menggunakan mobil tronton.

“Persiapan sudah 100 persen, tinggal sedikit teknis yang akan kita benahi besok sebelum opening ceremony,” ungkapnya.

Ada pun, perlombaan tarinya akan digelar selama empat hari mulai 9 sampai 12 April. Ada tiga juri, mereka diantaranya Moh. Hariyanto, Founder Sawung Dance Studio, dosen koreografer, penari, dan pelatih tari.

“Juri kedua, seorang komposer musik asal Selayar Sulawesi Selatan Misbahuddin dan Melati Suryodarmo. Melati merupakan seniman senirupa asal Surakarta,” urainya.

Tak hanya itu, selama festival tari mahasiswa nasional (Variasi) diselenggarakan, Variasi 5 kata Nurul memecahkan rekor dengan mendatangkan peserta terbanyak, dengan 20 peserta pementas.

“Disela pementasan akan ada sharing karya. Selain itu, ada acara workshop selama festival berlangsung. Sejak festival tari mahasiswa nasional diadakan, kita bisa memecahkan rekor mendatangkan 20 peserta, biasanya hanya 10 sampai 12 grup tari saja yang ikut berpartisipasi,” ucap Nurul. (bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.