Cabuli Tentara Wanita yang Sedang Tidur, 6 Tentara Ditangkap

Minggu, 7 April 2019 - 10:54 WIB
Foto: Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Enam tentara Angkatan Darat Inggris ditangkap setelah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang tentara remaja wanita berusia 17 tahun yang sedang tidur. Sekretaris Pertahanan Gavin Williamson dipahami ‘terkejut’ oleh klaim tersebut dan telah meluncurkan tinjauan perilaku di seluruh militer.

Williamson berkata: “Tidak ada tempat untuk tindakan semacam ini di militer dan, jika benar, mereka yang terlibat harus menghadapi kekuatan penuh dari hukum.”

Tentara wanita remaja itu dilaporkan terbangun dan menemukan para lelaki ada di sekitarnya. Menurut The Sun, dia kemudian berteriak setelah menyadari apa yang terjadi, yang menurut surat kabar membuat para lelaki, yang diyakini telah minum, melarikan diri.

Kepala Staf Umum, Jenderal Sir Mark Carleton-Smith, mengatakan perilaku yang tidak pantas ‘benar-benar tidak dapat diterima’. Dia menambahkan: “Itu sangat kontras dengan semua yang diwakili oleh Angkatan Darat Inggris, menunjukkan ketidakdisiplinan yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai dan standar yang mewakili tatanan tidak hanya Angkatan Darat kita, tetapi Angkatan Darat bangsa.”

Keenam pelaku ditangkap oleh polisi militer pada hari Jumat dan Senin pagi. Mereka telah dirilis dalam penyelidikan. Carleton-Smith menambahkan: “Semua tuduhan ini ditanggapi dengan sangat serius oleh rantai komando militer dan sekarang sedang diselidiki secara aktif oleh polisi, seperti yang seharusnya dan apa yang saya harapkan.”

“Karena itu tidak pantas bagi saya untuk berkomentar lebih jauh tentang mereka. Tetapi saya akan mengatakan ini: di mana tuduhan serius terbukti terhadap anggota Angkatan Darat termasuk tuduhan yang bersifat kekerasan atau seksual, itu menunjukkan ketidakdisiplinan yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai dan standar yang mewakili jalinan tidak hanya pasukan kita tetapi juga tentara bangsa, Tentara Inggris,” tegasnya.

Bagi dia, sama sekali tindakan seperti itu tidak boleh terjadi.  “Tidak hanya benar-benar tidak dapat diterima, itu ilegal dan sangat kontras dengan semua yang diwakili oleh Tentara Inggris. Prajurit Inggris dikenal karena banyak hal: ketabahan, rasa hormat dan kewajiban, keberanian, rasa humor dan rasa kesopanan yang jujur. Itu adalah apa yang kita harapkan satu sama lain dan tidak kurang dari yang diharapkan dan pantas dari negara oleh pasukannya,” ujarnya.

“Kita berpegang teguh pada tingkah laku yang lebih tinggi dan kita melakukannya karena kita memikul tanggung jawab unik atas nama bangsa: untuk memanggul senjata dalam membela negara kita dan rakyat kita. Dan setiap perilaku yang tidak memenuhi standar tinggi itu tidak dapat dan tidak akan kita toleransi,” sambungnya.

Ia menyebut kejadian ini sudah merusak reputasi tentara. “Ini urusan semua orang, ini tentang siapa kita sebagai tentara profesional dan bagaimana kita berharap untuk saling memperlakukan dan diperlakukan. Pada intinya terletak rasa hormat, persahabatan dan disiplin diri. Ini bukan minggu yang baik untuk Angkatan Darat. Itu telah merusak reputasi kami yang sangat sulit diperoleh dan termasuk pengorbanan teman-teman kami di medan perang. Kita semua adalah bagian dari institusi nasional, sesuatu yang dibanggakan negara ini dan memang benar – yang terbaik dari Inggris,” keluhnya.

“Dan kami adalah penjaga reputasi yang bangga, yang membutuhkan kita semua – masing-masing dari kita – untuk melakukan yang lebih baik. Mari kita pastikan bahwa bersama-sama kita mendapatkan hak ini dan dapat bangga dengan siapa kita dan apa yang kita wakili. Kami berutang kepada negara dan kami berutang satu sama lain. Sebagai kepala pasukan terbaik di dunia saya tidak akan berpihak pada apa pun yang salah,” tandasnya.

Angkatan Darat juga menghadapi kritik minggu ini ketika sebuah video muncul menunjukkan tentara menggunakan gambar Jeremy Corbyn untuk latihan target. Kementerian Pertahanan meluncurkan penyelidikan terhadap perilaku personel dari Batalion 3, Resimen Parasut, yang difilmkan di Kabul, Afghanistan, menembaki foto pemimpin Partai Buruh. (Metro/amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.