Ada Intimidasi Pemilu 2019, Masyarakat Bisa Laporkan ke Situs Ini

Senin, 8 April 2019 - 19:31 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekelompok anak muda yang peduli dengan pemilu dan tak terafiliasi dengan partai maupun ormas tertentu, menggarap website JagaPemilu.com. Situs itu diharapakan menjadi salahsatu alat untuk menjaga hajatan lima tahunan bangsa ini bisa berjalan jujur, adil dan jauh dari tekanan.

“Ini adalah platform biasa yang dikerjakan beberapa anak mudah dalam hitungan hari. Seluruh pembiayaan bersumber dari kocek pribadi,” ujar Inisiator JagaPemilu.com, Abdul Malil Raharusun dalam konfrensi pers di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (8/4).

Abdul berharap, Pemilu 2019 bisa berjalan jujur, bersih tanpa adanya kecurangan dan juga intimidasi oleh oknum-oknum tertentu terhadap si pemilih. Karena itu, situs ini diluncurkan untuk menampung mengenai tekanan-tekanan yang dihadapi oleh siapapun di Pemilu 2019 ini.

“Nantinya bisa menampung orang yang ingin melaporkan adanya tekanan yang dialami terkait Pemilu 2019,” ujar A‎bdul.

Abdul mengatakan situs ini berangkat dari kegelisan di masyarakat terkait adanya tekanan yang diberikan di hajatan lima tahunan. Terbaru adalah Kapolsek Pasirwangi Kabupaten Garut, AKP Sulman Aziz yang mengaku ditekan untuk mendukung salah satu kontestan di Pemilu 2019.

“Jadi bisa dikatakan ini adalah ikhtiar untuk mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” katanya.

Apabila adanya tekanan atau intimidasi, maka masyarakat hanya mengisi form di dalam situs tersebut. Misalnya bentuk kecurangannnya apa. Bukti dokumen-dokomen harus disertakan.
“Jadi maknanya adalah setiap individu memiii hak yang tidak boleh diintervensi siapapun,” ungkapnya.

Nantinya tim akan menghubungi si pengadu adanya intimidasi di Pemilu 2019. Hal itu dilakukan supaya informasi dapat diverifikasi kebenarannya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.