Golkar-Nasdem Sama-sama Klaim Dua Kursi

Senin, 8 April 2019 - 08:16 WIB

Dapil Makassar A DPRD Sulsel

FAJAR.CO.ID–Perebutan kursi daerah pemilihan I atau Makassar A untuk DPRD Sulsel cukup sengit. Golkar dan Nasdem mengklaim sudah mengunci dua kursi.

Di internal Golkar, ada empat calon anggota legislatif yang dianggap berpotensi mengisi kursi satu dan dua. Seperti Kadir Halid, Sherly Farouk, Andi Debbie Purnama Rusdin, dan Irwan Muin. Sedangkan di Nasdem, satu kursi sudah dikunci Andi Rachmatika Dewi sedangkan untuk perolehan kursi kedua bersaing antara Arham Basmin Mattayang dan Andre Prasetyo Tanta.

Caleg petahana sekaligus Ketua Bappilu DPD I Golkar Sulsel, Kadir Halid mengatakan pada Pileg 2014 lalu, Golkar mengumpulkan 53 ribu lebih suara dari 350 ribu suara sah di dapil ini. Sehingga untuk meningkatkan perolehan kursi, target kali ini harus mencapai 65 ribu suara.

“Target saya dua kursi, dari sembilan caleg semua bergerak. Kalau kita bisa dapatkan 65 ribu artinya sudah aman untuk dua kursi. Dengan sistem sainte lague ini menguntungkan partai besar. Setiap caleg amannya 16 ribu minimal, saya punya target sendiri 20 ribu kalau melihat pergerakan saya selama ini,” kata ketua Komisi E DPRD Sulsel ini, Minggu 7 April.

Hal serupa diungkapkan caleg nomor urut tujuh dari Partai Golkar, Sherly Farouk. Istri Ketua DPRD Makasssar Farouk M Betta itu mengaku terus bergerak agar bisa mengamankan dua kursi untuk Partai Golkar. Bahkan, dalam satu hari dia bisa menghadiri lima titik.

“Bisa sampai lima titik dalam sehari. Bagi saya adalah bagaimana masuk dan keluar lorong dengan perasaan bahagia, semua lorong kita harus adil dalam menyebar kebahagiaan. Dengan begitu, bukan hanya dua kursi, namun lebih dari itu bisa kita capai,” ungkap Sherly.

Tidak mau kalah, caleg sekaligus, Ketua Nasdem Makassar, Andi Rachmatika Dewi juga mengklaim sudah mengunci dua kursi di dapilnya. Kini sisa berfikir bagaimana pergerakan untuk mencapai tiga hingga empat kursi.

“Insyaallah empat kursi. Karena hampir semua caleg di dapil saya bergerak masif, sistim saint lague menguntungkan partai besar. Kami target empat, kenapa tidak karena semua bergerak, dan itu terasa di lapangan,” katanya.

Untuk meraih itu, kata dia, tak ada kata istirahat bagi seluruh caleg Nasdem. Karena untuk bisa tiga kursi saja harus minimal 118 ribu suara. Sementara untuk mengamankan kursi ke empat seperti target itu, harus minimal 150 ribu suara.

“Kalau tiga kursi cukup amanlah. Tetapi masih dinamis, pokoknya sampai hari H. Kita potensinya sangat besar. Di internal, siapapun yang bergerak masif kita bisa menambah kursi lagi sampai empat,” katanya. (rul-taq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.