Hanya 7 SMP UNBK, 110 Terpaksa Masih UN Pakai Kertas

Senin, 8 April 2019 - 09:48 WIB

FAJAR.CO.ID–110 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pangkep bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Sekretaris Dinas Pendidikan Pangkep, Muslimin Yusuf mengakui, masih sangat minim SMP yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) .

“Hanya sebahagian kecil yang pakai komputer saja, cuma tujuh SMP yang UNBK. Selebihnya masih pakai kertas seperti biasanya,” ujarnya, Minggu, 7 April.

Lanjut dijelaskan, ia mengakui minimnya SMP di Pangkep yang UNBK dikategorikan sangat tertinggal dari daerah lain yang sebagian besar sudah menerapkan UNBK.

“Ini memang termasuk tertinggal. Karena masih dibawah sekali ini, termasuk yang di pulau itu banyak sekali sekolah di sana,” jelasnya.

Lanjut dijelaskan, banyaknya wilayah Pangkep yang berada di kepulauan dan pegunungan menjadi salah satu faktor masih minimnya dilakukan UNBK untuk tingkatan SMP. Faktor lain menjadi penyabab karena minimnya fasilitas komputer, server yang terbatas dan belum dijangkau jaringan internet.

“Kendala kita ada pada jaringan internet yang memang belum menjangkau beberapa wilayah. Tetapi kita upayakan pengadaan komputer tahun ini khusus untuk sekolah di daratan terlebih dahulu. Karena memang di pulau masih sangat sulit jaringan,” bebernya. (fit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.