Irman Imbau Sekolah Buat Kegiatan Positif dan Siswa Tidak Konvoi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo meminta kepada seluruh sekolah di Sulawesi Selatan menggelar dan memfasilitasi kegiatan positif bagi peserta didik.

Hal itu kembali dikemukakan mengingat hari ini merupakan hari terakhir penyelenggaraan UNBK 2019 untuk SMA-sederajat.
Pekan lalu, Irman yang kerap disapa None, telah mewanti-wanti peserta didik untuk tidak turun ke jalan melakukan konvoi pasca pelaksanaan UNBK. Pesan yang sama juga disampaikan kepada para kepala sekolah.

Menurut None, sebaiknya peserta didik yang telah menuntaskan ujian lebih mengarahkan aktivitasnya pada hal yang lebih bermanfaat. “Euforia telah menyelesaikan satu tahapan pendidikan bisa diungkapkan dan diekspresikan dengan banyak kegiatan positif,” katanya.

Ia mencontohkan, banyak sekolah yang membuat kegiatan yang sifatnya ekspresi senang tetapi tidak sampai mengganggu masyarakat. Kegiatanya justru produktif seperti kegiatan persiapan kelanjutan pendidikan ke jenjang berikutnya tapi dalam bingkai yang lebih santai.

“Saya harap pihak sekolah membuat kegiatan lebih positif, terutama mengisi kekosongan waktu usai ujian. Sekali lagi, jangan ada yang konvoi. Itu tidak mendidik dan hanya merusak dan menimbulkan dampak buruk bagi anak didik dan orang lain,” tutur mantan Penjabat Bupati Luwu Timur ini.

Ia juga menegaskan, para siswa yang mengabaikan imbauan ini maka segala resiko yang timbul merupakan tanggung jawab pribadi masing-masing peserta didik.Kendati demikian, pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel juga telah berkoordinasi dan bersurat kepada pihak kepolisian di tiap daerah (polres) agar turut mengantisipasi aktifitas konvoi peserta didik tersebut.

“Kami juga mengimbau kepada orangtua siswa agar mengawasi anaknya dan memberikan arahan agar tidak mudah diajak untuk berkonvoi usai ujian,” tambahnya. (*/eds )

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment