Jembatan Batam-Bintan Diharapkan Jadi Pemantik Ekonomi di Kepri

Senin, 8 April 2019 - 16:16 WIB

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Bobi/JPC)

FAJAR.CO.ID, BATAM – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dalam janji kampanye berencana merealisasikan jembatan penghubung Kota Batam dan Kabupaten Bintan. Rencana ini disambut antusias Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Rencana tersebut memang telah diusulkan dalam beberapa tahun belakangan. Amsakar mengatakan hadirnya jembatan Batam-Bintan (Babin) diharapkan bisa menggerakan perekonomian di Kepulauan Riau (Kepri), khususnya Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Terhubungnya daerah industri di Batam dan Bintan, dinilai akan memberikan kemudahan bagi hubungan industri di kedua wilayah. Efektivitas yang ditimbulkan, dinilai akan memberikan ruang bagi aktivitas ekonomi kedua daerah.

“Kita harapkan ini akan menjadi pemantik meningkatnya perekonomian kita,” kata Amsakar ditemui di gedung DPRD Kota Batam, Batam Centre, Batam pada Senin (8/4).

Selain itu, Amsakar menilai hadirnya jembatan Babin memudahkan mobilisasi massa di Batam dan Bintan. Selama ini kedua daerah terhubung melalui jalur laut dengan memaksimalkan kapal.

Kondisi ini juga bisa mengurai kemacetan setiap musim libur di kawasan penyeberangan. Yakni, di pelabuhan Telaga Punggur, Batam maupun di Pelabuhan Tanjunguban, Bintan.

“Masyarakat bisa lebih mudah, tidak macet juga karena bisa langsung menyeberang dengan kendaraan sendiri,” kata Amsakar lagi.

Sebelumnya, dalam kampanye akbar di Stadion Temenggung Abdul Jamal pada Sabtu (6/4) lalu, Jokowi mengaku akan segera mengirimkan tim teknis untuk segera memulai menyiapkan detail enginering proyek ini.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.