Kapal Trawl Beroperasi di Perairan Tupabiring Utara

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Masyarakat pulau mengeluhkan adanya kapal motor yang beroperasi disekitar perairan Liukang Tupabiring Utara, menggunakan alat tangkap jenis trawl atau pukat harimau.

Nurdin yang juga warga di wilayah kepulauan Liukang Tupabiring Utara, sangat menyayangkan adanya kapal yang menarik pukat harimau di wilayah perairan Liukang Tupabiring.

“Jadi ini kapal beroperasi kita lihat, itu kapal keliling di sekitar perairan Tupabiring. Harusnya ini bisa ditindaklanjuti pihak terkait,” imbuhnya.

Kepala Bidang Pembudidayaan Dinas Perikanan Pangkep, Muh Arsyad menjelaskan, pukat harimau sudah dilarang beroperasi di perairan karena memiliki dampak besar terhadap keberlangsungan eskosistem bawah laut.

“Ini termasuk alat tangkap yang dilarang, karena dampak yang diakibatkan pukat harimau ini, mengakibatkan semua jenis ikan terjaring. Terumbu karang juga rusak dan hancur,” pungkasnya.

Kasatpol Air Polres Pangkep, AKP Ridwan Saenong mengaku, bakal memantau langsung di wilayah mana kapal tersebut beroperasi. “Kalau kita sifatnya terlebih dahulu bakal diberikan pembinaan. Setelah itu ditindaklanjuti,” bebernya. (fit)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...