Lebih Efisien, PLN Perkenalkan Kompor Listrik Induksi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata kompor listrik justru lebih efisien dibandingkan dengan kompor berbahan bakar gas seperti yang digunakan selama ini. Itu dibuktikan oleh penelitian yang dikembangkan PT PLN (Persero).

Sejauh ini penggunaan kompor gas dianggap jauh lebih murah. Tetapi patut juga dipertimbangkan harga di dalamnya terdapat komponen subsidi dari pemerintah. Seandainya komponen subsidi ini dilepas maka harganya hampir setara. Bahkan kompor listrik jauh lebih unggul dari segi ramah lingkungan dibandingkan dengan kompor gas.

PLN sebagai BUMN penyedia program kelistrikan nasional akan berupaya memperluas efektivitas penggunaan kompor listrik-induksi. Dalam banyak hal. Tidak hanya mengalihkan penggunaan sumber-sumber energi yang selama ini disubsidi melalui anggaran pemerintah, tetapi juga secara terpadu menjadikan Indonesia Biru melalui penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan.

Sejumlah upaya dilakukan untuk kampanye penggunaan kompor listrik. Salah satunya dengan menggelar lomba memasak menggunakan kompor listrik seperti dilakukan di Kelurahan Bekasi Jaya, Mekarjaya, Bekasi Timur, Selasa (2/4/2019).

Menurut I Made Suprateka, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero) menyatakan program seperti itu bertujuan tidak hanya menjelaskan efisiensi dan target peningkatan produktivitas, serta penghematan penggunaan energi saja, tetapi juga memiliki cakupan yang jauh lebih luas.

Program edukasi yang dilakukan melalui kerja sama dengan ibu-ibu penggerak PKK di sejumlah wilayah bertujuan meningkatkan produktivitas rumah tangga perorangan dan juga bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...