Pastikan Bantuan Alsintan Tepat Guna, Kementan Rajin Gelar Monev

Senin, 8 April 2019 - 14:52 WIB

JAKARTA – Untuk memastikan bahwa bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) tepat sasaran, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) dengan langsung turun di beberapa daerah.

Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, Monev dilakukan untuk memastikan bantuan alat-alat mesin pertanian yang diberikan oleh pemerintah kepada kelompok tani (Poktan) maupun gabungan kelompok tani (Gapoktan) telah tepat sasaran dan tepat guna.

“Yang paling penting, dengan  monev ini, kita ingin memastikan bahwa tidak ada bantuan Alsintan yang nganggur atau bahkan dijual. Monev akan kita lakukan di seluruh daerah,” kata Sarwo Edhy, Senin (8/4).

Dari hasil monev di sejumlah daerah, Dirjen bersyukur tidak menemukan adanya bantuan yang diselewengkan ataupun dijual. Menurutnya, bantuan Alsintan, baik yang bersumber dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan), masih dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

“Alhamdulillah, kita melihat bantuan yang diberikan telah tepat sasaran. Tetapi memang ada di beberapa tempat yang belum secara optimal dapat dipergunakan karena kondisi alamnya yang tidak cocok dengan bantuan yang didapat,” sambungnya.

Sarwo Edhy menambahkan, bantuan alsintan sangat membantu petani dalam mengolah lahan pertanian yang ada di masing-masing poktan. Kini, dengan adanya bantuan alat modern tersebut, proses menanam dan memanen padi semakin mudah dan cepat.

“Harapannya, dengan adanya bantuan Alsintan ini, kesejahteraan petani semakin baik dengan hasil pertanian yang semakin meningkat. Sehingga ketahanan pangan bisa betul-betul terjaga,” tegas Sarwo Edhy.

Selain itu, Sarwo Edhy juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara detail setiap persoalan yang dialami petani secara riil. Sehingga, bantuan yang akan diberikan kepada petani bisa tepat sasaran dan tepat guna.

“Kedepan, diharapkan bantuan untuk petani akan terus dapat kita tingkatkan. Kebutuhan pupuk juga akan kita cukupi, sehingga produksi pertanian kita semakin meningkat,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.