Satu-satunya di Indonesia, Beri Jaminan BPJS ke Pengawas Pemilu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS — Kabupaten Maros merupakan satu-satunya daerah kabupaten kota di Indonesia yang Pemerintahnya memberikan kartu peserta BPJS jaminan kecelakaan kerja dan tunjangan kematian terhadap pengawas pemilu di Kabupaten Maros.

Penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis ini diserahkam langsung oleh Bupati Maros, HM Hatta Rahman kepada Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros, Sufirman disela-sela apel siaga pengawas Pemilu 2019, di Lapangan Pallantikang, Senin, (8/4).

Dalam apel siaga pemilu itu dihadiri sebanyak 1.188 pengawas dari 3 tingkatan, mulai dari Kecamatan, Desa hingga pengawas TPS.

Pemberian BPJS terhadap pengawas pemilu yang dilakukan Bupati Maros ini pun mendapat apresiasi dari Komisioner Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad.

Bahkan menurut Muhammad, Kabupaten Maros merupakan satu-satunya daerah Kabupaten di Indonesia yang pemerintahnya memberi BPJS kepada para petugas pengawas pemilu.

“Kami memberi apresiasi atas program yang dilakukan Bupati Maros, yang memberikan BPJS kepada seluruh jajaran pengawas pemilu,” kata Muhammad.

Tidak hanya BPJS kesehatan, kata dia, juga ada asuransi kematian. “Saya kira ini satu-satunya di Indonesia, Pemerintah Daerah yang sangat peduli terhadap tugas-tugas penyelenggara pemilu,” katanya.

Dia juga berharap agar kepala daerah lainnya bisa mengikuti jejak Bupati Maros yang memiliki kepedulian terhadap pengawas pemilu.

Apalagi kata dia, pengawas pemilu dan KPU tidak ringan. Memiliki banyak resiko dan tantangan sehingga perlu mendapat perlindungan saat melakukan kegiatan pengawasan pemilu.

Meski demikian pihaknya berharap agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada para penyelenggara pemilu. “Semoga dengan adanya BPJS bisa membantu teman-teman. Meski demikian kita berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Muhammad juga berpesan kepada pengawas pemilu tetap menjunjung integritasnya. “Walaupun fasilitas Pemda sangat baik, tapi kita berharap agar teman-teman tetap menjaga integritas dan bekerja secara maksimal dalam melakukan pengawasan,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengatakan pekerjaan pengawas pemilu ini sangat berisiko, sehingga ada kepedulian dari Pemerintah Daerah.

“Pekerjaan mereka ini kan berisiko. Sehingga kami ingin memberikan perlindungan kepada temam-teman. Sehingga dalam menjalankan tugasnya mereka bisa merasa terjamin dengan adanya BPJS,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi, Bupati Maros Hatta Rahman, Komandan Kodim 1422 Maros, Letkol Ind Farid Yudho, Kapolres Maros, AKBP Yohanes Richard Andrians, Ketua KPU Maros, Samsu Rizal, Ketua Bawaslu Kabupaten Maros, Sufirman. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment