Sungai Meluap, 7 Kecamatan di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Senin, 8 April 2019 - 16:03 WIB

Luapan Sungai Cikapundung dan Citarum rendam tujuh kecamatan (PojokJabar/Grup Fajar)

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Bencana banjir di Kabupaten Bandung meluas, sejak Jumat (5/4) lalu. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung tercatat Senin (8/4) ini ada sekitar tujuh kecamatan yang terendam banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan, bahwa banjir tersebut merendam sekitar 16.443 rumah kepala keluarga (KK). Hal itu mengakibatkan 44.973 orang terdampak banjir.

Sudrajat mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Bandung menyebabkan Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum meluap. Sehingga merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung. Adapun ketinggian air bervariasi, mulai dari 10-250 cm

“Ada tujuh kecamatan yang terendam banjir. Jika dijumlahkan sekitar 44.973 jiwa terdampak, ” jelas Sudrajat seperti dilansir dari Pojokjabar (Grup Fajar), Senin (8/4).

Menurutnya, sebagian warga yang terdampak banjir mengungsi. Namun ada pula yang tetap bertahan di rumah mereka masing-masing. “Ada yang di lokasi pengungsian, ada juga yang bertahan dirumah. Untuk yang bertahan dirumah ketinggian airnya berkisar 50 cm,” jelasnya.

Sementara itu di Kecamatan Cileunyi, sungai Cikeruh meluap dan hampir membuat tanggul di wilayah tersebut jebol, tepatnya di Kampung Jajaway RW 01 Desa Cileunyi Wetan.

“Ketinggian air 20-50 cm, Sungai Cikeruh meluap dan air diatas tanggul penahan dan akan jebol , akibatnya pemukiman warga dan sawah terendam dan akses jalan sejauh 1 km tidak bisa dilalui,” jelasnya.

Tujuh Kecamatan yang terendam banjir yakni terdiri dari, Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Banjaran, Rancaekek, Cileunyi, dan Kecamatan Ciparay.

Beberapa daerah yang tercatat memiliki ketinggian banjir diatas 200 cm terdiri dari RW 04, RW 14 Bojong Asih Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot.

Kemudian RW14 Babakan Lewi Bandung Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, dan Kampung Muara RW07, Kampung Cigosol RW 09, Kampung Ciputat RW 13, Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah.

“Akibat banjir, jalur utama lumpuh karena terendam air, seperti Jalan Sapan menuju Gedebage yang memikiki ketinggian air mencapai 60 cm,” jelasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *