Caleg yang Diciduk karena Terjerat Narkoba Masih Bisa Dipilih

Selasa, 9 April 2019 - 17:01 WIB

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Bawaslu Jawa Barat menyoroti adanya oknum caleg DPRD Kota Bandung yang tertangkap konsumsi narkoba. Namun belum diketahui pasti caleg berinisial AM berasal dari partai mana.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah Dahlan mengatakan, bahwa saat ini pihaknya masih menunggu perkembangan kasus tersebut. Saat ini kasus masih ditangani oleh Polda Jawa Barat.

“Kejadian oknum caleg di Kota Bandung kemarin, kami pantau. Bawaslu kini menunggu proses hukum tetap terhadap yang bersangkutan,” jelas Abdullah seperti dilansir dari Pojoksatu.id (Jawa Pos Group), Selasa (9/4).

Kendati proses hukum tetap berlanjut, Abdullah mengatakan caleg AM tetap bisa dipilih saat Pileg 17 April mendatang. “Selama belum ada keputusan hukum tetap (inkrach) masih bisa dipilih sebagai caleg,” jelasnya.

Namun untuk caleg AM sendiri, apabila nanti terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bandung, maka KPU akan berkonsultasi dengan DPRD. Khususnya terkait haknya sebagai anggota DPRD terpilih, meski tersangkut masalah hukum.

“Kalau terpilih, nantinya KPU akan konsultasi ke DPRD terkait aturan anggota dewan terkena masalah hukum, namun untuk status apakah AM masih boleh dipilih saat pemilu 17 April nanti, itu jadi kewenangan partai,” paparnya.

Abdullah menegaskan, lain hal jika partai asal, menarik AM dari daftar caleg mereka. “Kalau partai menarik itu lain hal, karena jika mengusulkan nama baru sudah tidak mungkin,” paparnya.

Seperti diberitakan kemarin, salah satu caleg inisial AM yang akan maju ke DPRD Kota Bandung ditangkap Satresnarkoba Polrestabes Bandung. DIa diciduk karena diduga terjerat kasus narkoba.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *