Cegah Serangan Jantung dengan Mengonsumsi Satu Sendok Minyak Zaitun

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain melembapkan kulit dengan pemakaian dari luar, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan. Yakni cukup dengan satu sendok minyak zaitun.

Menambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam menu makanan Anda adalah ide yang bagus. Terutama jika Anda menggunakannya untuk menggantikan lemak yang tidak sehat.

Satu sendok teh minyak zaitun memiliki 40 kalori dengan kandungan 4,5 gram lemak. Sebesar 3,3 gram terdiri dari lemak tak jenuh yakni omega-9 seperti dilansir dari Live Strong, Senin (8/4). Bahkan, vitamin yang ditemukan dalam minyak zaitun mudah larut dalam lemak. Seperti vitamin E dan vitamin K.

Selain itu, minyak zaitun mengandung fitosterol, senyawa tanaman dengan efek estrogenik lemah yang dapat mengurangi kolesterol. Terdapat pula flavenoids yang mengandung senyawa polifenol, yang bertindak sebagai anti-oksidan.

Polifenol memiliki sifat anti-oksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun juga dapat membantu mengontrol gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes.

Agar lebih mudah mengosumsi minyak zaitun, Anda bisa menggunakannya sebanyak satu sendok sebagai pengganti margarin dalam masakan. Namun perlu diingat, karena minyak zaitun adalah lemak, makan terlalu banyak dapat meningkatkan asupan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment