JK Optimis Partisipasi Pemilih di Atas 75 Persen

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengaku optimistis partisipasi pemilih pada Pemilu 17 April 2019 mendatang akan mencapai di atas 75 persen. Persentasi tersebut akan menjadi lebih baik dibandingkan Pemilu 2014.

“Memang rata-rata yang pergi ke TPS itu hanya (sekitar) 70 persen dari sekian kali pemilu. Tapi saya kira, karena ini kelihatannya pemilu menarik, saya kira pada akhirnya (partisipasi) akan di atas 75 persen,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (9/4).

Terkait masih adanya pemilih yang belum menentukan pilihan dan pemilih yang masih bisa mengubah pilihannya (swing voters), JK menyatakan, masih ada waktu enam hari kampanye dan debat capres terakhir untuk menarik suara mereka.

“Saya kira nanti pada waktunya dia decided dengan pengaruh kampanye, pengaruh debat nanti pada tanggal 13 itu, biasanya mereka akan menentukan itu,” jelas JK.

Untuk diketahui, berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia satu bulan jelang pemungutan suara, terdapat angka swing voters sebesar 16,9 persen dan undecided voters sebanyak 7,2 persen. Tingkat partisipasi pemilih pada dua pilpres terakhir berkisar di angka 70 persen. Pada Pilpres 2009 partisipasi pemilih hanya 71,7 persen, sedangkan pada Pilpres 2014 partisipasi pemilih turun menjadi 69,8 persen. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...