Narasi Rizal Ramli Mampu Bahayakan Petahana

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat ekonom senior Rizal Ramli secara terang-terangan memberikan dukungan politiknya kepada Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Tak sekedar memberikan dukungan, mantan Menko Perekonomian ini juga sering memberikan kritik keras kepada Pemerintah saat ini, dan kritik-kritik Rizal Ramli itu dinilai sangat membahayakan Capres petahana.

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menyebutkan, sosok RR memiliki narasi yang kuat untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa pemerintahan Jokowi saat ini tidak dalam performa terbaik.

“Rizal Ramli sebenarnya cukup efektif untuk memberikan satu narasi informasi, injeksi informasi yang berkaitan dengan informasi-infromasi bahwa pemerintah saat ini sedang tidak oke,” kata Adi seperti dikutip dari RMOL, Senin (8/4).

Adi menambahkan, keberadaan Rizal Ramli, bersama dengan Rachmawati Soekarno Putri, Titiek Soeharto dan Hashim Djojohadikusumo sangat menguntungkan posisi Prabowo dalam menghadapi Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin.

Bukan tanpa alasan, Adi menilai keempat tokoh atau yang disebut ‘big four’ itu memiliki pasar elektoral masing-masing. Keempatnya bahkan bisa menjadi vote gatter dan influencer sekaligus bagi Eks Danjen Kopassus tersebut.

“Rizal Ramli pasarnya tentu kelompok-kelompok kritis yang selama ini merasa tidak puas terhadap kebijakan pemerintah. Mbak Titiek, tentunya dia ingin menyasar orang-orang merindukan kejayaan Orde Baru,” jelas Adi.

Dalam peran influencer, lanjut Adi, big four bisa memberikan informasi positif tentang Prabowo-Sandi kepada masyarakat dengan segmentasi yang berbeda-beda.

“Dua hal ini yang saya kira 02 juga relatif terbantu, karena bagaimanapun tokoh-tokoh ini kan memiliki basis loyalitas yang basis segmentasinya beda-beda,” pungkasnya. (Fajar/rmol)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment