Penyebab Rambut Pria Usia 30-an Mulai Tipis dan Botak

Selasa, 9 April 2019 - 19:26 WIB
Stres menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut pada pria. (Personnel Today)

FAJAR.CO.ID  — Setiap pria punya gaya sendiri untuk menampilkan model rambutnya. Sama seperti perempuan, sebagian pria ada yang memiliki rambut tipis atau tebal.

Namun ada juga pria yang masih usia produktif sekitar 30 tahun justru sudah mengalami kerontokan rambut. Rambut yang menipis lama-kelamaan bisa menyebabkan botak.

Dilansir dari Men’s Health, Kamis (4/4), pada usia 30-an, kerontokan rambut pada pada pria memang tak bisa dihindari. Setidaknya rambut pria akan mengalami kerontokan sebanyak 25 persen. Angka itu naik menjadi lebih dari 60 persen pada saat seseorang berusia 60 tahun.

Mengapa rambut pria mulai menipis?

Seperti banyak masalah medis lainnya, ada banyak alasan rambut menipis. Dari stres, produk penataan rambut yang tidak cocok, pola makan yang buruk, dan gen. Berikut lima penyebab rambut rontok beserta penjelasannya.

1. Stres

Stres akan berdampak pada sistem. Ada korelasi antara stres dan rambut rontok. Mengapa? Karena ketika stres, tubuh memasuki mode fight or flight, yang memicu produksinya hormon ekstra untuk dikirim ke seluruh tubuh sehingga memengaruhi pertumbuhan folikel rambut di kulit kepala.

2. Pola Makan

Nutrisi secara langsung bertanggung jawab atas bentuk dan fungsi tubuh, dari suasana hati hingga metabolisme. Rambut rontok dapat disebabkan oleh makanan. Jika tidak mengonsumsi cukup protein, rambut akan rapuh. Sebab, rambut dibuat dari protein. Omega 3 dan Vitamin A serta D juga bisa membuat kulit kepala lebih sehat.

3. Gen

Pola kebotakan pria bisa terjadi karena gen keluarga. Jika kerontokan rambut tetap berlangsung meski sudah melakukan rangkaian perawatan, bisa jadi karena gen bawaan yang menyebabkan rambut rontok.

4. Anemia

Kekurangan zat besi dan anemia dapat secara serius memengaruhi pertumbuhan rambut. Cobalah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, dan lentil yang dapat membantu menambah darah.

5. Folikel Rambut

Jika menghabiskan waktu bertahun-tahun menata rambut, lama-kelamaan kulit kepala akantidak sehat. Pertimbangkan untuk menggunakan sampo yang tepat agar sel-sel kulit mati dan minyak menghilang. (jpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.