Preview Spurs vs Man City: Pep Pesimis

Selasa, 9 April 2019 - 16:18 WIB
Pep Guardiola dan Mauricio Pochettino/Manchester City

FAJAR.CO. ID, LONDON—Manajer Manchester City, Pep Guardiola kurang percaya diri menyongsong leg pertama babak delapan besar Liga Champions kontra Tottenham Hotspur. Ada kesan, pelatih terbaik dunia itu pesimis bisa mengalahkan Spurs, dinihari nanti.

Dengan empat kompetisi yang mereka jalani, Pep menganggap mustahil bagi pasukannya untuk bisa menyapu bersih semua gelar musim ini. Dan secara khusus ia melontarkan keraguaannya di Liga Champions.

“Percayalah, saya tidak fokus [untuk memenangkan segalanya]; ini tentang berada di sana dan mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan berikutnya, di stadion yang luar biasa, yang telah dibangun oleh [ketua Tottenham] Daniel Levy. Itu saja dan kita akan lihat,” ujarnya dikutip dari Goal.

Makanya, eks pelatih Barcelona itu menegaskan tidak akan marah ketika kalah di pertandingan ini. “Saat kami kalah, saya akan mengatakan kepada para pemain bahwa mereka adalah pahlawan saya karena itu luar biasa apa yang telah mereka lakukan sejauh ini,” tegas Pep.

Pep yang sudah mempersembahkan gelar Carabao Cup, tiket final Piala FA dan kini runner up Premier League dengan satu laga lebih sedikit dari Liverpool juga menyebut faktor kebugaran pemainnya membuat dia harus lebih realiastis. Menurutnya, Spurs akan lebih bugar karena mereka punya waktu istirahat lebih lama.

Seperti diketahui, Spurs melakoni dua pertandingan dalam sepekan jelang lawatan ke Tottenham Hotspur Stadium. Teranyar, mereka berhadapan dengan Brighton & Hove Albion di babak semifinal FA Cup, 7 April lalu. Sebaliknya, Spurs bertanding kontra Crystal Palace pada 4 April. “Mereka memiliki enam hari untuk persiapan dan kami memiliki dua setengah,” keluh Pep.

Pada saat bersamaan, The Citizens juga masih mengalami masalah cedera. Selain dua bek kiri, Oleksandr Zinchenko dan Fabian Delph yang pasti absen akibat cedera, bomber utama, Sergio Aguero dan bek kanan, Kyle Walker juga belum diketahui kesiapannya.

Aguero sudah menepi beberapa hari. Sedangkan Walker diganti pada babak pertama melawan Brighton karena cedera punggung. “Setiap hari kita kehilangan pemain. Aku tidak tahu apakah Kyle Walker akan fit. Itu normal,” ujarnya.

Kalau Walker dan Aguero harus absen, itu akan menjadi kerugian besar bagi The Sky Blues. Khusus Aguero, ia sejauh ini adalah top skor klub di Liga Champions dengan lima gol diikuti Leroy Sane dan Gabriel Jesus yang sama-sama mengoleksi empat gol.

Di kubu Spurs, mereka dalam momentum bagus menghadapi City. Selain lebih bugar, mereka saat ini sudah bermain di stadion baru. Makanya, The Lilywhite yang akan mengandalkan Harry Kane di lini serang ditopang Dele Alli, Heung-Min Son dan Christian Eriksen cukup optimis bisa menang.

“Kami tahu betapa bagusnya City dan itu akan sulit tetapi kami harus percaya diri, pergi ke sana dan memainkan permainan kami sendiri. Para penggemar akan berada tepat di belakang kami, pemain ke-12. Stadion baru sudah terasa seperti rumah. Kami merasa nyaman dan ini adalah stadion yang luar biasa, sehingga hanya bisa membantu kami,” kata Alli di situs klub.

Manajer Spurs, Mauricio Pochettino menegaskan, untuk bisa mengalahkan The Citizens, anak asuhnya harus memainkan permainan terbaik. “Sekarang kita harus mencoba lagi untuk menyambung kembali dan mulai tampil seperti yang perlu kita lakukan jika kita ingin menjadi pesaing nyata untuk Liga Champions dan Liga Premier,” ujarnya di Sky Sports.

Melihat head to head, Manchester City tampak sangat superior atas Spurs. Dalam empat duel terakhir, City memenangkan seluruh pertandingan. Hasil terbaik yang diraih Spurs sejak 2017 silam adalah imbang 2-2 pada Januari. (amr)

Prakiraan Pemain

Tottenham Hotspur (4-3-3): Lloris; Rose, Vertonghen, Alderweireld, Trippier; Sissoko, Eriksen, Alli; Moura, Son, Kane.
Pelatih: Mauricio Pochettino
Manchester City (4-3-3): Ederson; Mendy, Stones, Laporte, Danilo; Fernandinho, De Bruyne, D. Silva; Sterling, Jesus, B. Silva.

Pelatih: Pep Guardiola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.