2021, Jalur Penghubung Undip dan Unnes Dibangun, Pembebasan Lahan Sudah Dimulai

Rabu, 10 April 2019 - 07:11 WIB

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang berencana menyambungkan akses antara Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sebuah jalur lintas simpang susun bakal dibangun pada 2021 nanti.

Melalui instagram-nya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyampaikan rencana itu, Selasa (9/4). Dalam video maket berdurasi setengah menit, kepala daerah yang karib disapa Hendi tersebut menyampaikan rinciannya.

“Jalur lintas akan dibangun dengan sistem simpang susun. Melintas di Jalan Setiabudi. Prosesnya dalam pemantapan realisasi rencana pembangunan,” bunyi teks pada video tersebut.

“Targetnya tahun depan mulai dengan pembebasan lahan. Juga menjadi jalur hijau karena memiliki banyak ruang tanam,” sambung teks pada video itu.

Hendi pun menuliskan caption rada nyeleneh seperti beberapa postingan lain miliknya. “Yang Undip-Unnes berasa LDR (Long Distance Relationship) — semoga pas jalur ini jadi, masih bertahan” tulisnya. Mengingat, jarak kedua universitas ini memang cukup jauh.

Ditanya soal rencana ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang, Izwar Aminudin menyebut, kajian untuk infrastruktur ini sudah rampung. “Kita bersiap untuk pembebasan tanah. Tahun ini sudah mulai, dicicil. Kemudian 2021 pembangunan,” katanya saat dihubungi, Selasa (9/4).

Mengenai rute, Izwar menerangkan infrastruktur ini bakalan berdiri melintasi sepanjang Srondol-Sekaran. “Dari Durian Raya (Banyumanik) lewat Simpang Srondol, kemudian ke Sekaran,” jelasnya merinci.

Soal anggaran, dirinya belum bisa menjelaskan terlalu banyak. Yang jelas, ini masuk dalam pembangunan Simpang Susun atau Flyover Srondol yang dimatangkan sejak beberapa waktu terakhir.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.