Asap Setinggi 100 Meter Terpantau di Atas Kawah Merapi

Rabu, 10 April 2019 - 14:04 WIB

FAJAR.CO.ID, SLEMAN – Asap putih setinggi sekitar 100 meter tampak di atas kawah Gunung Merapi, Rabu pagi (10/4). Selain itu, Merapi juga mengeluarkan guguran awan panas ke arah hulu Kali Gendol, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ).

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta Hanik Humaida menjelaskan, fenomena asap di atas kawah itu merupakan hal biasa dan sering terjadi. “Ya asap vulkanik biasa. Asap setiap hari keluar terus, kadang-kadang tipis, (kadang) juga tebal. Tingginya bervariasi, bisa sampai 500 meter di atas puncak juga,” jelasnya.

Hanik juga menyebut bahwa asap seperti itu kadang juga hanya ada di dalam kawah saja. Cuma bisa dilihat melalui closed-circuit television (CCTV) puncak. “Kadang tidak sampai di atas puncak, yang jelas Merapi mengeluarkan asap secara kontinyu,” ucapnya.

Sedangkan untuk guguran awan panas terpantau sebanyak 2 kali ke arah Kali Gendol. Yang pertama sejauh 1 km. Lalu yang kedua pada periode pukul 06.00-12.00 WIB sejauh 850 meter.

Saat ini Merapi masih berada pada level II atau waspada. Hanik mengimbau agar tidak ada aktivitas manusia dalam radius 3 km dari puncak gunung. “Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius itu,” katanya.

Warga di sekitar Merapi juga diminta waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir lahar. Terutama bagi mereka yang biasa beraktivitas di aliran sungai berhulu Merapi. “Saat hujan di sekitar puncak, (mengimbau masyarakat) agar lebih waspada,” tutupnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.