Derita TKW, Dihamili Anak Majikan hingga Hendak Diperas Petugas KBRI Damaskus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–WNI asal Tangerang berinisial EH, menjadi korban perdagangan orang (trafficking). TKW itu dipekerjakan di Suriah tanpa digaji majikan selama berbulan-bulan.

Parahnya lagi, korban telah dianiaya dan diperkosa anak majikan hingga akhirnya hamil.

Hal ini disampaikan EH ketika jumpa pers di Bareskrim Polri. Menurut EH, mulanya dia diajak Muhammad Abdul Halim Herlangga alias Erlangga alias Halim, menjadi tenaka kerja wanita (TKW).

Ketika itu, EH dijanjikan gaji besar. EH pun tertarik dengan tawaran Halim yang kini menjadi tersangka. EH pun berangkat ke Suriah pada awal 2018 lalu. Saat itu, EH selalu dianiaya, bahkan dia dipenjara karena dituduh mencuri.

“Saya dipenjara dalam kondisi hamil di Suriah sana karena dituduh mencuri tanpa ada buktinya,” ujar EH.

Derita yang dialami EH akhirnya berakhir setelah ditolong KBRI Baghdad, serta mendapat jaminan dari Pengacara Seed Foundation sehingga berhasil dibebaskan dari tahanan di Damaskus, Suriah.

Menurut EH, dia sempat meminta bantuan ke KBRI Damaskus, Suriah. Namun, EH malah diusir dan dimarahi oknum petugas KBRI Damaskus. “Saya minta pertolongan secara baik-baik ke KBRI Damaskus, tetapi saya malah dicaci maki dan dia bilang kalau tubuh saya tidak kena pukul majikan, saya belum boleh mengadukan hal itu,” sambung EH.

EH menambahkan, oknum petugas KBRI Damaskus itu juga sempat memintanya membayar uang sebesar USD8.000 agar EH bisa dipulangkan kembali ke Indonesia.

Namun, EH mengaku tidak punya uang sebanyak itu, hingga akhirnya dia dipulangkan ke majikannya.

Setelah kasus ini terungkap, EH pun berharap peristiwa yang menimpa dirinya tidak terjadi lagi di kemudian hari. “Jangan ada yang lain lagi lah,” tambah EH. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment