Dinsos Siap Tangani Caleg Gagal yang Alami Gangguan Mental

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS –Jelang perhelatan Pemilu 17 April mendatang, Dinas Sosial Maros siap menangani jika ada calon legislatif (caleg) yang mengalami depresi akibat kegagalan berebut kursi.

Bahkan sejak jauh-jauh hari Dinas Sosial Kabupaten Maros telah mempersiapkan sarana dan prasarana bagi yang membutuhkan pasca pemilu.

“Kalau kami di Dinas Sosial tentu saja siap membantu, jika sekiranya memang nantinya setelah pemilu ada yang seperti itu. Apalagi kita memang sudah punya program trauma healing bagi siapa saja, termasuk nantinya kalau ada Caleg yang mengalami gangguan mental, karena memang potensi itu ada yah. Kita siap jemput kalau memang dibutuhkan,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Kamaluddin Nur.

Kata Kamal, trauma healing itu akan dipusatkan di sebuah rumah singgah yang telah ada sejak beberapa tahun sebelumnya. Nantinya akan dilakukan porses asesmen bagi penderita gangguan mental. Jika dalam kategori ringan, maka pihak Dinsos yang akan melakukan pemulihan.

Akan tetapi kalau sudah berat, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit khusus gangguan jiwa. “Untuk langkah awal, terlebih dahulu kita lakukan asesmen. Jika setelah dilakukan asesmen kita bisa tangani maka akan dilakukan proses trauma healing itu. Tapi kalau sudah berat, yah kita akan rujuk ke RS Dadi di Makassar,” ungkap mantan Kabag Humas Maros ini.

Dia juga menjelaskan jika di rumah singgah itu, Dinsos telah mempersiapkan beberapa fasilitas berupa kamar untuk digunakan.

“Kita siapkan fasikitas berupa kamar untuk menginap dan segala macam. Bahkan untuk makanan dan kebutuhan pribadi juga akan kita siapkan selama dalam proses pemulihan itu,” katanya.

Dia juga mengatakan pihaknya juga memiliki Psikolog. Yang bertugas sebagai Kepala Rumah Singgah dan akan dibantu oleh beberapa orang pekerja sosial.

Kamal mengatakan selama ini, rumah singgah yang dibuat oleh Dinsos memang telah digunakan untuk penampungan sementara bagi para tuna wisma serta pengidap gangguan jiwa yang kedapatan keluyuran di jalan. Di sana mereka dibina dan ada juga yang dirujuk ke RSJ Dadi Makassar untuk mendapatkan perawatan.

“Jadi program ini bukan semata-mata untuk caleg saja yah, karena memang rumah singgah ini sudah lama dan telah kita jalankan bagi para tuna wisma. Serta bagi para pengidap gangguan kejiwaan yang kita temukan telantar. Cuman kebetulan saja karena momen Pemilu sehingga jika ada yang membutuhkan tentu kita siap tangani,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Maros, Samsu Rizal mengatakan jumlah Calon Legislatif di Maros sekitar 413 orang. ” Jumlah caleg di Maros 413 orang, mengundurkan diri dua orang,” pungkasnya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...