Layanan Kesehatan dan Hukum Pengaruhi Tingkat Kepuasan Pada Jokowi

Rabu, 10 April 2019 - 07:17 WIB

FAJAR.CO.ID–Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyebut beberapa hal yang membuat tingkat kepuasan masyarakat terhadap calon presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi) tidak maksimal. Berdasarkan survei Voxpol Center, masyarakat yang puas atas kinerja Jokowi hanya sebesar 54,7 persen.

Dia menyebut Jokowi belum maksimal memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu, kata dia, sektor hukum tidak tegak di masa Jokowi. Hal inilah yang membuat kecilnya angka kepuasan terhadap Jokowi.

“Di sektor mana mereka tidak puas, soal kesehatan BPJS, soal penegakan hukum, itu dalam kasus Novel Baswedan, soal sembako, soal lapangan kerja, soal tenaga kerja asing, dan soal utang. Itu yang membuat mereka tidak puas,” ucap dia.

Dia mengatakan petahana harusnya mendapat angka kepuasan sebesar 70 persen. Angka sebesar itu, bakal membuat Jokowi memimpin Indonesia selama dua periode.

“Kalau angka kepuasan masyarakat terhadap Jokowi sebanyak 70 persen, itu berimbas ke elektabilitas. Kalau 70 persen, elektabilitas Jokowi bisa di atas 60 persen,” terang dia.

Dalam survei Voxpol Center, tingkat kepuasan masyarakat ke Jokowi hanya terkait infrastruktur. Menurut Pangi, rakyat menganggap pembangunan di era Jokowi dilakukan merata.

Sementara, angka masyarakat yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 25,7 persen dan sangat tidak puas 13,5 persen. Sisanya, 5,1 persen tidak menjawab.

Menurut dia, masyarakat yang tidak puas akan melayangkan dukungan ke penantang Jokowi ataupun memilih golput. “Ada dua pilihan. Mereka akan golput dan penantang. Artinya tidak semua ke satu sisi,” pungkas dia.

Voxpol Center melakukan survei pada 18 Maret sampai 1 April 2019. Survei melibatkan 1.600 responden di seluruh provinsi Indonesia yang telah berusia 17 tahun ke atas dalam survei ini.

Pemilihan responden dilakukan secara acak dengan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka dengan margin of error survei sebesar 2,45 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.