Minum Rutin Rebusan Kunyit, Ini Manfaatnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Kunyit adalah salah satu rempah yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain menambahkan pada makanan, Anda bisa merebus kunyit dan disajikan sebagai minuman rutin tiap hari.

Caranya, cukup konsumsi air rebusan kunyit per hari. Namun, perlu diingat, tidak disarankan bagi siapa pun untuk mengonsumsi lebih dari 1.500 miligram kunyit per hari, karena hal ini dapat menyebabkan irama jantung yang tidak normal. Dilansir dari NDTV, Selasa (9/4), terdapat 8 khasiat minum air rebusan kunyit setiap hari. Berikut penjelasannya.

Mengurangi Peradangan

Minuman kunyit terkenal karena kemampuannya untuk meredakan peradangan. Misalnya rheumatoid arthritis serta sakit dan nyeri di seluruh tubuh. Kandungan Curcumin dapat menghilangkan peradangan pada jaringan dengan menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif.

Penurunan Berat Badan

Bumbu legendaris ini dapat merangsang metabolisme sehingga baik bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Dengan meminum secangkir minuman kunyit setiap hari maka dapat membantu tubuh membakar lemak dengan cara yang sehat.

Antioksidan

Curcumin yang ditemukan dalam kunyit sebanyak 2-6 persen, dapat menangkal aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga mencegah risiko penyakit kronis, serta penuaan dini dan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan noda pada kulit.

Antikanker

Curcumin, senyawa polifenolik yang ditemukan dalam kunyit, juga menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai agen antikanker. Hal itu diungkapkan sebuah studi review 2019 yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences. Studi lain dalam Journal Experimental Pharmacologyss menyarankan bahwa senyawa kunyit ini terbukti bermanfaat melawan kanker usus besar, leher rahim, oral, serta kanker paru-paru.

Jaga Kesehatan Jantung

Menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat adalah langkah penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular, serta aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Minuman kunyit mampu mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang menghentikannya membentuk plak di arteri. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung tetap dalam kondisi prima seiring bertambahnya usia.

Mendetoksifikasi Tubuh

Bahan aktif dalam teh kunyit juga mampu merangsang hati dan meningkatkan fungsi detoksifikasi. Kunyit juga dikenal dapat menyebabkan keringat, yang selanjutnya dapat menghilangkan racun melalui kulit.

Peningkatan Kognitif

Penelitian Alzheimer mengungkapkan kaitannya dengan kunyit bisa mencegah pembentukan beta-amiloid, yang dapat membuat penumpukan plak dan mematikan koneksi saraf di otak

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Satu porsi kunyit (atau secangkir teh kunyit), mengandung 15 persen dari jumlah harian zat besi yang disarankan. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, karena zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar