Patut Dicontoh, Gaya Hidup Agni Pratistha yang Ramah Lingkungan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Kondisi alam yang kian terpuruk, saat ini masyarakat mulai sadar akan gaya hidup ramah lingkungan. Yup, salah satunya meminimalisasi penggunaan plastik. Salah satunya dilakukan Agni Pratistha.

Aktris sekaligus influencer yang sudah 5 tahun menerapkan gaya hidup ramah lingkungan atau green living lifestyle. Tak hanya diri sendiri, tetapi gaya hidup ini, Agni tularkan pada keluarga terutama pada anak-anak.

“Aku selalu merasa seorang ibu atau seorang perempuan bisa menggerakkan satu keluarga, jadi aku suka kasih anak-anak di sekolahan straw masing-masing stainless,” kata Agni Pratistha, ketika ditemui di acara Yves Rocher 60th Anniversary Celebration, Kuningan Mulia, Jakarta Selatan, Jumat (5/4).

Berikut ini cara hidup Agni Pratistha yang dapat Anda contoh, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan:

Bawa Rantang dan Tumblr

Agni Pratistha rela membawa barang yang cukup banyak kemanapun pergi. Ia selalu membawa tas khusus untuk perlengkapan rantang, tumblr, sendok, garpu, dan sedotan dari stainless steel agar mengurangi penggunaan kantong plastik ketika membeli makanan dan minuman.

Rawat Perlengkapan Rumah

Tak bisa dipungkiri perlengkapan rumah masih banyak yang terbuat dari plastik. Hal ini sebenarnya tidak masalah, asalkan perabot rumah tangga benar-benar dijaga.

“Tidak apa-apa kalau kita sudah punya, tapi biasakan saja untuk merawat terkadang orang-orang kebiasaan karena plastik murah jadi asal ganti,” kata Agni Pratistha.

Ganti Kapas dan Tissue dengan Kain

Ibu yang sedang mengandung anak ketiga ini sengaja mempelajari banyak hal seperti belajar menjahit dan memasak. Tujuannya agar lebih kreatif dalam memanfaatkan sesuatu.

Agni Pratistha selalu membuat sendiri kain khusus sebagai pengganti kapas dan tissue. Agar tetap aman digunakan untuk kebutuhan kulit wajah dan kulit bayi, ia menggunakan kain flanel karena mudah terserap dan lebih lembut.

Untuk sehari-hari seperti membersihkan mulut, anak-anaknya sudah dibekali kain sapu tangan yang terbuat dari handuk kecil yang tak terpakai. Cara seperti ini juga ia terapkan sebagai pengganti tisu basah.

Pembuatan tisu basah berasal dari bahan kain flanel kemudian direndam air matang yang dicampur dengan sabun. Khusus membersihkan bekas popok bayi, ia campurkan sedikit minyak.

Mencuci dengan Lerak dan Tea Tree Oil

Agni Pratistha juga sudah lama menggunakan menstrual cup atau menstrual pad (terbuat dari kain) sebagai pengganti pembalut. Ia juga membiasakan untuk memakaikan popok bayi kain pada anaknya.

Untuk mencuci bersih kain-kain seperti menstrual pad dan popok bayi kain, Agni Pratistha menggunakan lerak yang merupakan bahan pembersih alami. Selain itu, ia juga biasanya membersihkan noda popok bayi dengan tea tree oil, agar tidak bau dan sebagai anti bakteri. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment