Pengadaan Akomodasi di Makkah Capai 98 Persen

Rabu, 10 April 2019 - 13:24 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Perburuan pemondokan atau hotel untuk akomodasi jamaah haji di Makkah hampir rampung. Pembantu Staf Teknis Urusan Haji (STUH) Amin Handoyo menuturkan, proses saat ini sudah memasuki tahap kontrak. Bahkan untuk akomodasi di Makkah, tim sudah mendapatkan 158 hotel dengan kapasitas mencapai 98 persen dari total kebutuhan.

Amin mengatakan, total kebutuhan akomodasi hotel di Makkah mencapai 207.577 orang (pax). Perinciannya, sebanyak 204 ribu untuk jamaah, 2.555 untuk petugas kloter, dan 1.022 untuk selisih penempatan jamaah laki-laki dan perempuan. ”Untuk pengadaan layanan akomodasi di Makkah, sampai saat ini sudah 98 persen. Ada 158 hotel yang akan disewa,” katanya kemarin (9/4).

Sementara itu, untuk wilayah kerja Madinah, saat ini proses pengadaan akomodasi sudah mencapai 75 persen dari kebutuhan. Dia menjelaskan, layanan akomodasi hotel di Madinah ada yang menggunakan sistem sewa satu musim haji penuh dan setengah musim. Catatan Kemenag menyebutkan, sebanyak 50 hotel di Madinah akan disewa dengan sistem sewa semusim penuh. Lalu, ada tujuh hotel yang disewa setengah musim.

Amin menjelaskan, jumlah sewa semusim penuh untuk hotel di Madinah tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, hotel yang disewa semusim penuh hanya separo atau sekitar 53 persen. Sisanya, yakni 47 persen, disewa dengan sistem blocking time.

Sistem sewa hotel semusim penuh di Madinah memudahkan jamaah. Sebab, sudah ada kepastian tempat tidur atau kamar yang bakal dihuni.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *