Preview Ajax vs Juventus: Teka-teki Ronaldo

Rabu, 10 April 2019 - 09:44 WIB
Foto: Juventus FC

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Juventus akan melawat ke markas Ajax di leg pertama babak delapan besar Liga Champions. Sang superstar, Cristiano Ronaldo sudah fit namun kepastian bermainnya masih misteri.

Per James Westwood dari Goal mengklaim, ada “tanda-tanda baik” mengenai kebugaran Ronaldo jelang lawatan ke Amsterdam, Belanda. Ini tentu akan menjadi hal yang positif mengingat CR7 telah memiliki reputasi sebagai pemain paling menentukan dalam sejarah Liga Champions.

Teranyar kapten tim nasional Portugal itu membantu Si Nyonya Tua melakukan comeback luar biasa di babak 16 besar. Setelah kalah 0-2 di wanda Metropolitano, Ronaldo mencetak hattrick di Allianz Stadium untuk meloloskan timnya ke perempatfinal.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri sendiri mengkonfirmasi Ronaldo akan bugar untuk laga, dinihari nanti. Akan tetapi, ia belum memutuskan apakah peraih lima gelar Ballon d’Or itu akan menjadi starter atau harus memulai dari bangku cadangan.

Ronaldo sudah melewatkan tiga pertandingan Juventus terakhir karena masalah hamstring pada tugas internasional bersama Portugal. Termasuk laga kontra AC Milan. “[Ronaldo] selalu merasa siap, tetapi saya mengatakan kepadanya untuk beristirahat [melawan Milan]. Kami yakin memilikinya di Ajax pada hari Rabu (Kamis),” kata Allegri via Michael Plant of Goal.

Meski perannya sangat luar biasa di Liga Champions, tampaknya tidak ada kebutuhan besar untuk mendesak Ronaldo kembali untuk pertandingan dengan Ajax jika memang belum pulih 100 persen. Pasalnya, Juventus tampak berfungsi dengan baik sebagai satu unit tanpa eks penyerang Real Madrid tersebut.

Selain itu, ketidakhadiran Ronaldo telah memberi peluang pada bomber muda, Moise Kean dalam beberapa pekan terakhir. Pemain berusia 19 tahun itu menjaringkan tiga gol kemenangan secara beruntun saat menghadapi Empoli, Cagliari, dan Milan.

“Ronaldo sudah berlatih dan dia akan melakukan apa saja untuk berada di sana. Aku benar-benar berpikir dia akan dipanggil. Setelah itu kita akan melihat apakah dia bermain dari awal. Pelatih akan memutuskan,” ujar bek sayap Juventus, Joao Cancelo di Sky Sports.

Selain Ronaldo, sang kapten, Giorgio Chiellini juga bisa melewatkan leg pertama ini akibat cedera betis. Menurut Gazzetta dello Sport, Chiellini mengakhiri latihan tim pada hari Senin akibat kurang nyaman.

Karena Martin Caceres dan Andrea Barzagli sudah lebih dulu cedera, Allegri kemungkinan akan menurunkan Daniele Rugani untuk mendampingi Leonardo Bonucci. Dua nama lainnya, Emre Can dan Douglas Costa dipastikan absen.

Di kubu Ajax, mereka tidak terlalu ambil pusing dengan kondisi Juventus. Setelah menyingkirkan sang juara bertahan, Madrid, pelatih Erik ten Hag menegaskan anak asuhnya tidak punya alasan takut lagi. “Fokus sekarang sepenuhnya pada Juventus. Tim kami telah berkembang. Levelnya lebih tinggi dari tahun lalu,” kata Ten Hag di AD.

Direktur Olahraga Ajax, Edwin Van der Sar kepada The Sunday Times menegaskan dirinya yakin pemegang empat gelar Liga Champions itu bisa menumbangkan Juve. “Saya selalu mengatakan itu mungkin tidak akan terjadi lagi. Tapi, ya, kita berada di perempat final sekarang,” tegas Van der Sar.

Ajax yang akan kehilangan Carel Eiting dan Noussair Mazraoui belum pernah mengalahkan Juventus. Dalam empat pertemuan terdahulu, hasil terbaik mereka hanya imbang sekali dan kalah tiga kali. Namun, hasil imbang itu mereka dapatkan di duel terakhir Februari 2010 silam. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Ajax (4-3-3): Onana; Kristensen, Ligt, Blind, Tagliafico; Beek, Jjong, Schone; Ziyech, Tadic, Neres

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Alex; Pjanic, Bentancur, Matuidi; Bernardeschi, Mandzukic, Ronaldo

 

Head to head

25/02/10 Juventus 0-0 Ajax

18/02/10 Ajax 1-2 Juventus

23/11/04 Juventus 1-0 Ajax

15/09/04 Ajax 0-1 Juventus

Lima pertandingan terakhir Ajax

06/04/19 Willem II 1-4 Ajax

03/04/19 FC Emmen 2-4 Ajax

31/03/19 Ajax 3-1 PSV Eindhoven

17/03/19 Az Alkmaar 1-0 Ajax

13/03/19 Ajax 2-1 PEC Zwolle

Lima pertandingan terakhir Juventus

06/04/19 Juventus 2-1 AC Milan

02/04/19 Cagliari 0-2 Juventus

30/03/19 Juventus 1-0 Empoli

17/03/19 Genoa 2-0 Juventus

12/03/19 Juventus 3-0 Atletico Madrid

 

PEMAIN KUNCI

AJAX

Top rating: Dusan Tadic: 7,94

Top skor: Dusan Tadic: 6

Top assist: Dusan Tadic: 3

JUVENTUS

Top rating: Joao Cancelo: 7,54

Top skor: Paulo Dybala: 5

Top assist: Cristiano Ronaldo: 2

 

STATISTIK LIGA CHAMPIONS

Juventus (Italia)
Peringkat UEFA: 5
Rekor di Liga Champions musim ini:

Menang: 5

Imbang: 0

Kalah: 3

Gol: 12

Kebobolan: 6
Pencetak gol terbanyak: Paulo Dybala (5 gol)
Prestasi musim lalu: perempat final
Prestasi terbaik: juara 2 kali (1985, 1996)
Posisi di liga domestik: 1

Ajax Amsterdam (Belanda)
Peringkat UEFA: 27
Rekor Liga Champions musim ini:

Menang: 4

Imbang: 3

Kalah: 1

Gol: 16

Kebobolan: 8
Pencetak gol terbanyak: Dusan Tadic (6 gol)
Prestasi musim lalu: babak kualifikasi ketiga (babak play-off UEFA Europa League)
Prestasi terbaik: juara 4 kali (1971, 1972, 1973, 1995)
Posisi di liga domestik: 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *