Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Observasi Desa di Marioriwawo Soppeng

FAJAR.CO.ID, SOPPENG -- Tinggal di desa bersama orang tua asuh dapat memberikan pelajaran dan pengalaman berharga bagi para siswa. Melalui kegiatan observasi desa (village observation), para siswa dididik belajar hidup mandiri.

Selain itu, dengan tinggal di desa, mereka diajak bersosialisasi dengan masyarakat. Lebih jauh, para siswa akan mencoba melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh penduduk desa.

Demikian yang melatarbelakangi siswa-siswi Kelas X SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti kegiatan observasi desa (village observation) di Desa Goarie, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Dalam acara pembukaan, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga M Ridwan Karim SPd MPd mengutarakan, siswa Athirah hendaknya bisa merasakan kehidupan desa. "Banyak orang hebat di tanah air kita yang berasal dari desa. Guru besar di universitas berasal dari desa," katanya via rilis, Rabu (10/4/2019).

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan bagi siswa kelas X ini bertema "Membentuk Kesalehan Pribadi dan Sosial Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga".Observasi desa berlangsung sejak Selasa (9/4/2019) hingga Sabtu (13/4/2019). Para siswa dibagi menjadi 18 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5-7 orang. Setiap satu kelompok tinggal di rumah warga.

Selama 5 hari, katanya, para peserta didik akan merasakan pekerjaan rutin masyarakat desa. "Seperti bertani, beternak, atau bercocok tanam. Kita harapkan, ananda bisa merasakannya. Kalau orang tua angkat pergi ke sawah, maka kita ikut merasakan bagaimana bercocok tanam. Rugi kalau kita tidak merasakannya," papar Ridwan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...