Sudah 1.114 PNS Korup Dipecat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) berstatus terpidana korupsi yang telah dipecat hingga kemarin (9/4) mencapai 1.114 orang. Pemerintah pusat menetapkan batas akhir pelaksanaan pemecatan PNS korup pada 30 April.

Berdasar data Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah PNS yang dipecat dalam beberapa pekan terakhir mengalami peningkatan. Per kemarin, jumlahnya 1.114 orang. Terdiri atas 58 PNS di instansi pusat dan 1.056 orang di level pemerintah daerah.

Angka tersebut naik sekitar 50 persen dari progres bulan lalu. Saat itu jumlah PNS yang dipecat baru 751 orang. Padahal, jumlah keseluruhan mencapai 2.357 orang. Pelaksanaan putusan tersebut sempat mangkrak berbulan-bulan. “Jadi, sekarang progresnya ada,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Mudzakir kemarin.

Dia menjelaskan, batas akhir bagi pejabat pembina kepegawaian (PPK) melaksanakan putusan tetap adalah akhir bulan ini. Itu sesuai dengan Keputusan Menteri PAN-RB Syafruddin dalam Surat Edaran (SE) Nomor B/50/M.SM.00.00/2019 yang diterbitkan akhir Februari lalu.

Terkait waktu yang menyisakan sekitar 20 hari, Mudzakir menegaskan bahwa pemerintah optimistis persoalan tersebut bisa tuntas. Pihaknya terus melakukan konsolidasi dengan elemen-elemen terkait seperti BKN dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kami akan konsolidasi agar pada akhir bulan bisa terselesaikan,” katanya.

Mudzakir enggan membeberkan kendala atau hambatan yang dialami, khususnya pemda, terkait pelaksanaan putusan itu. Yang pasti, pemerintah pusat akan memantau prosesnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...