Tiga Hari Jelang Pemilu, Bawaslu Akan Lakukan Patroli Pengawasan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS — Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, sejumlah persiapan mulai dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros. Bahkan, pada masa tenang ada beberapa hal beriringan yang harus dilakukan.

Hal itu dispaikan Ketua Bawaslu Maros, Sufirman saat menggelar kegiatan fasilitasi dan koordinasi dengan mitra kerja di Cafe The Clove, Rabu, 10 April.

Sufirman mengurai beberapa hal yang akan dilakukan secara beriringan pada masa tenang yakni pengawasan pendistribusian C6, pendistribusian logistik dari KPU hingga KPPS, pendirian TPS, serta penertiban alat peraga kampanye (APK) sebagai tanda kampanye Pemilu berakhir.

“Jadi dimasa tenang itu, atau tiga hari jelang Pemilu, ada begitu banyak agenda hingga masuk pemungutan suara” katanya. Lebih lanjut kata dia, berdasarkan surat bersama antara Bawaslu dan KPU disepakati penertiban APK dilakukan pada Minggu, 14 April secara serentak.

“Kita diarahkan untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti KPU dan Satpol PP jadi penertiban APK dilakukan serentak pada 14 April mendatang,” jelasnya.

Khusus untuk pendirian TPS, Firman juga menyampaikan jika salah satu syarat mutlak lokasi TPS adalah harus berada di tempat yang netral, termasuk akses yang baik untuk Disabilitas.

Tidak hanya itu, kata dia, selama tiga hari jelang Pemilu pihaknya juga akan melakukan patroli pengawasan.”Selama tiga hari jelang Pemilu, semua jajaran pengawas akan melakukan patroli pengawasan di tingkatan masing-masing, mulai dari tingkatan TPS oleh PTPS, tingkatan desa oleh panwas Desa, dan tingkatan kecamatan oleh Panwascam, semua akan melakukan patroli di masa tenang,” ungkapnya.

Diakuinya pihaknya juga telah melakukan pemetaan TPS rawan berdasarkan hasil survei Bawaslu dan akan dirilis menjelang masa tenang.”Kita berharap nantinya hasil rilis itu semua bisa terlibat melakukan pengawalan terhadap suksesnya pemilu ini,” katanya.

Dia juga mengakui untuk hari H yang diantisipasi yakni mobilisasi Pemilih oleh pihak pihak tertentu yang dilarang seperti Kades, ASN atau Pejabat lainnya. “Kita akan antisipasi, untuk itu kita akan merilis TPS rawan dan tentu kita akan sama sama mengawal pemilu ini dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua KPU Maros, Samsu Rizal mengatakan Maros hari ini masuk rawan 1 yakni zona aman.Akan tetapi dia berharap meski Maros masuk dalam zona aman semua pihak terkait harus tetap waspada.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...