Arham Bisa di Kursi Kedua Nasdem, Sherly Farouk Ancam Posisi Edward Horas

Kamis, 11 April 2019 - 18:33 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR  Lembaga survei PT. Pedoman Suara Indonesia (PSI) merilis hasil surveinya untuk daerah pemilihan Makassar A dan B di DPRD Sulawesi Selatan. Hasilnya sangat mengejutkan. Sebab calon legislatif dari Partai Golkar, Sherly Farouk mampu mengalahkan elektabilitas calon inkumben dari Partai Gerindra Edward Wijaya Horas dari Partai Gerindra.

Sementara empat calon legislatif lainnya yang berstatus incumbent yaitu Rachmatika Dewi (NasDem),Kadir Halid (Golkar), Rudy Pieter Goni (PDIP), dan Wahid Ismail (PPP) masuk kategori aman.

Direktur Eksekutif PT Pedoman Indonesia (PSI), Arief Wicaksono mengatakan, disisa waktu enam hari jelang pemilu 17 April nanti, Sherly Farouk  mampu mengungguli Edward. Tapi ini belum final. Masih bisa terjadi perubahan.

“Dalam survei kami, NasDem, Golkar, dan Gerindra berpeluang raih dua kursi. Untuk NasDem Rahmatika dan Muh. Arham Basmin Mattayang. Golkar Kadir Halid dan Sherly. Sementara di Gerindra Andi Parenrengi dan Edward. Tapi Elektabilitas Edward kalah dari Sherly,” ujar Arief, Kamis 11 April 2019.

Dosen komunikasi politik Unibos itu menambahkan, elektabilitas Edward kalah dari Sherly, karena ada faktor tertentu. Pertama, Sherly merupakan istri dari Ketua Golkar Makassar yang juga Ketua DPRD Makassar, Farouk M. Betta. Lalu kedua, pola starategi tandem yang digunakan oleh Partai Golkar, dan ketiga kinerja Edward selama satu periode belum terlihat.

Hal lainnya, lanjut Arief, faktor eksplorasi caleg varu yang memang militans, semangat, dan metrologi tepat sasaran. Seperti yang dimiliki oleh Arham maupun Sherly sebagai caleg pendatang baru.

“Meski demikian, ini hanya potret awal saja. Masih bisa berubah,”katanya.

Hal yang sama terjadi di dapil Makassar B. Nama Rahman Pina dari Partai Golkar masuk dalam survei ini. Padahal dia merupakan pendatang baru.Ia mampu bersaing dengan calon legislatif berstatus inkumben. Seperti Haidar Majid dari Partai Demokrat  dan Yusran Paris dari PAN.

Diketahui, untuk dapil Makassar A, survei yang dilakukan oleh PT.PSI dimulai tanggal 20 hingga 27 Maret. Dengan jumlah 740 responden. Menggunakan multistage random sampling dan margin eror 5 persen.

Sedangkan untuk dapil Makassar B, survei dilakukan dari tanggal 23 hingga 27 Maret. Jumlah 240 responden. Dengan tingkat keperayaan 95 persen. (taq)

Berikut 10 elektabilitas caleg dapil Makassar A:

1. Rahmatika Dewi (NasDem) 10.5 persen

2. Imam Fauzan A. Uskara (PPP) 4.7 persen

3.Rudy Pieter Goni (PDIP) 4.0

4.Abdul Wahid Ismail (PPP) 3.8 persen

5. Andi Parenrengi (Gerindra) 3.6 persen

6. Kadir Halid (Golkar) 3.6 persen

7. Andi Muh. Arham Basmin (NasDem) 2.8

8. Sherly Farouk (Golkar) 2.6 persen

9. Edward Wijaya Horas (Gerindra) 2.4 persen

10. Riska Mulfiati Lutfi (NasDem) 2.2 persen

Berikut ranking 10 besar caleg dapil Makassar B:

1.Imran Tenri Tatta (Golkar) 8.8 persen

2.Rahman Pina (Golkar) 7.1 persen

3.Adam Muhammad (Gerindra) 5.8 persen

4.Indira Mulyasari Paramastutu (NasDem) 5.8 persen

5. Haidar Majid (Demokrat) 4.6 persen

6. Ernawati (Gerindra) 2.2 persen

7. Yusran Paris (PAN) 2.5 persen

8. Lutfi Bachtiar (PKS) 2.5 persen

9. Muhammad Ashar (PPP)2.5 persen

10.Rezki Mulfiati Lutfi (NasDem) 2.5 persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.