Abu Bakar Baasyir Kembali Masuk Rumah Sakit, Begini Kondisinya

Kamis, 11 April 2019 - 09:10 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Abu Bakar Baasyir kembali menjalani perawatan kedua kalinya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rabu (10/4).

Baasyir dikawal ketat oleh regu tim Lembaga Pemasyarakatan kelas III Gunung Sindur.

Kondisi Baasyir saat ini memang menurun akibat penyakit yang dideritanya pada bagian lutut kaki maupun penyakit kulit.

Sampai saat ini Abu Bakar Baasyir masih berada di ruangan observasi RSCM sejak keberangkatan pada pukul 08.30 di Lapas kelas III Gunungsindur.

“Untuk pemeriksaan kesehatan Abu Bakar Baasyir pada hari ini, sudah menjadi rutinitas pihak rumah sakit Cipto Mangunkusumo, sebelumnya pernah diperiksa pada 6 Maret 2019,” kata Kepala Lapas Kelas III Gunungsindur Sopiana ketika ditemui Radar Bogor (Grup Fajar) kemarin.

Sopiana juga mengaku, pemeriksaan ulang untuk mengecek kondisi kesehatan Baasyir, sekaligus diagnosa kulit dan secara keseluruhan penyakit dalamnya juga.

“Paling kakinya saja yang tidak kuat lama berdiri selalu merasakan ngilu, tapi secara kondisi kesehatannya alhamdulillah masih baik mungkin karena faktor umur saja tapi secara fisik beliau sehat,” ucapnya.

Keberangkatan dilakukan dengan pengawalan ketat dari tujuh anggota brimob, tiga petugas lapas dan empat kendaraan mobil tahanan dan tim mercy. Adapun keluarga mendampingi ketika ada pengecekan kesehatan tapi tidak ada di lapas melainkan langsung di rumah sakit.

“Secara medis saya lupa, tapi di lutut yang selalu dirasakan oleh beliau, biasanya ketika melakukan pengecekan kesehatan tidak menginap dan langsung kembali ke dalam lapas pada sore hari,” tuturnya.

Ketika ditanyai pendamping kesehatan di Lapas, ia mengungkapkan, selama ini Abu Bakar Baasyir dipantau oleh dua orang tim kesehatan lapas.

“Ada petugas lapas kesehatan dua orang memantau kondisi beliau. Karena, umur sudah tidak muda lagi tentu membutuhkan perawatan rutin, berkaitan pemeriksaan lebih lanjut kita rujuk ke rumah sakit besar yang ditunjuk langsung dari direktorat pemasyarakatan,” pungkasnya. (nal/RB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.