Bertemu Perangkat Desa, Jokowi Kembali Ingatkan Kucuran Dana Rp 257 Triliun

Kamis, 11 April 2019 - 09:46 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo kembali bertemu dengan para aparatur desa untuk ke sekian kali. Dalam kesempatan kali ini, Jokowi hadir memenuhi undangan Silaturahmi Nasional Pemerintah Desa se-Indonesia yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/4).

Saat bertemu dengan perangkat desa, Jokowi mengatakan bahwa hingga tahun 2019 ini, sudah sebanyak Rp 257 triliun anggaran disalurkan pemerintah pusat bagi desa-desa di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 74.900 desa.

Anggaran itu dimaksudkan agar desa memiliki sumber daya yang memadai untuk membangun sendiri wilayahnya.

“Jadi kalau pemerintah sejak 2015 kemarin mengucurkan dana desa Rp 20 triliun, 2016 Rp 47 triliun, 2017 Rp 60 triliun, 2018 Rp 60 triliun, dan tahun ini 2019 Rp 70 triliun itu sudah betul dan wajib. Sudah bertahun-tahun kita tidak memerhatikan desa,” kata Jokowi.

“Kalau dalam empat tahun kemarin saya melihat di bawah semuanya konsentrasi pada infrastruktur desa, ke depan mulai sedikit digeser ke hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan inovasi,” lanjutnya.

Capres petahana ini pun kembali mengingatkan bahwa potensi desa-desa yang sangat banyak itu harus dapat didorong untuk maju sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Diyakini Jokowi, produk-produk lokal yang berada di desa-desa memiliki peluang besar untuk dapat menembus pasar nasional. Namun, tentunya produk-produk tersebut harus didukung dengan kualitas pengemasan dan pemasaran yang baik.

“Kalau ada produk-produk lokal di desa yang memiliki keunggulan, nah di situlah mulai diberikan suntikan agar menjadi sebuah produk yang memiliki kualitas dan daya saing sehingga bisa dijual masuk ke kota, tingkat nasional,” pungkasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.