Dugaan Surat Suara Pemilu Tercoblos di Selangor, Polri Cari Tahu Kebenarannya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) ikut memastikan kebenaran informasi surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. Mereka mengirim tim untuk mengecek langsung kebenarannya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya sudah menghubungi kepala laision officer (LO) di Kuala Lumpur. Tujuannya untuk memastikan kebenaran informasi yang beredar.

“Kepala LO Kuala Lumpur perintahkan LO di Selangor mengecek apakah video yang viral tersebut benar atau tidak,” ujar di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/4).

Karena masih dalam tahap pemeriksaan, Dedi mengimbau masyarakat Indonesia untuk menunggu kebenarannya. “Masyarakat diimbau tidak mudah percaya terhadap video tersebut pihak-pihak terkait merilis hasil penyelidikan atau pemeriksaan resmi,” tegasnya.

Diketahui, kabar surat suara tercoblos itu diduga terjadi pada saat pemilu yang berlangsung di Selangor, Malaysia. Informasi itu didapatkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lembaga itu pun merekomendasikan penghentikan pemilu di Malaysia.

Adapun kejadian itu diabadikan oleh salah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Melalui sebuah video, ada sekitar puluhan kantong plastik hitam dan putih berisikan kertas surat suara yang ditumpuk di sebuah ruko. Setelah dibuka beberapa sampel, surat suara itu telah tercoblos ke pasangan calon nomor urut 01.

Tidak hanya pada surat suara pemilihan presiden, akan tetapi kertas surat suara itu juga tercoblos salah satu caleg partai NasDem.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar