Empat Partai Ini Diutungkan oleh Capres-Cawapres di Pemilu 2019

Kamis, 11 April 2019 - 17:00 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tak bisa dipungkiri bila pengaruh Capres-Cawapres kepada partai pengusung di Pilpres 2019 sangat signifikan.

Hal itu terlihat dengan hasil survey yang dilakukan oleh lembaga survey ETHOs Indonesia Institut selama tiga minggu di lima kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Direktur ETOS Indonesia Institut Iskandarsyah mengatakan, dari beberapa partai lengusung dan oendukung pasangan Capres-Capwapres ada partai politik yang diuntungkan atas dukungan tersebut.

Menurut Iskandarsyah, di kubu Capres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang diusung dan didukung oleh 10 partai politik, hanya PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diuntungkan. Sementara partai yang lain kurang begitu diuntungkan seperti dua partai tersebut.

“PDI Perjuangan dan PKB adalah partai politik pendukung pasangan
Jokowi-Ma’ruf Amin yang paling mendapatkan keuntungan
yaitu 57% & 32%. Partai politik pendukung koalisi Indonesia Kerja lainnya memperoleh keuntungan, tetapi tidak cukup signifikan mendongkrak suara partai,” kata Iskandarsyah kepada wartawan, Kamis (11/4).

“Keuntungan PDI Perjuangan tak lepas dari sosok Jokowi. Sementara PKB diuntungkan dengan sosok Cawapres Ma’ruf Amin yang tak lain adalah Kader PKB,” sambungnya.

Sementara itu, di kubu Capres nomor urut 02 Partai Gerindra dan Partai Berkarya mendapat pengaruh dari pasangan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno.

“Gerindra mendapatkan keuntungan terbesar dari pasangan Prabowo-Sandi dengan angka 89%, disusul
Partai Berkarya 37%. Partai politik pendukung koalisi Indonesia Adil Makmur lainnya tidak memperoleh keuntungan politik berarti dari
pasangan Prabowo-Sandiaga,” jelasnya.

Selain sosok Capres-Cawaores, Partai Berkarya juga diuntungkan dengan nama besar keluarga Cendana yang tidak lepas dari sosok almarhum Presiden Soeharto. “Ada sosok almarhum Soeharto dan keluarga Cendana dibalik Partai Berkarya,” akuinya. (RGR/Fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *