KPU Suplai Logistik Pemilu ke Lima Kecamatan Terpencil

Kamis, 11 April 2019 - 18:11 WIB

FAJAR.CO.ID,MAMUJU— Enam hari jelang pencoblosan 17 April mendatang, KPU di Sulawesi Barat terus mendistribusikan logistik pemilu terutama kepada daerah terpencil.

Siang tadi, KPU Mamasa telah mendistribusikan logistik pemilu untuk lima kecamatan yang merupakan daerah terjauh, terpencil serta tersulit dijangkau dengan kendaraan. Yakni Kecamatan Pana, Nosu, Tabang, Tabulahan dan Buntu Malangke.

“Dalam UU Pemilu No7/2017 pasal 341 ayat (6) disebutkan, perlengkapan pemungutan suara harus sudah diterima KPPS paling lambat satu hari sebelum pemungutan suara,” kata Anggota KPU Sulbar, Farhanuddin saat pemantauan pengiriman logistik siang tadi.

Ketua KPU Mamasa, Jhoni Rambulangi menjelaskan akses transportasi ke Kecamatan Pana, Nosu dan Tabang merupakan paling parah dibanding kecamatan lainnya di Mamasa. “Masih jalan tanah, kalau musim hujan jalan sulit dilalui, beruntung karena saat mobil truk ke Nosu belum hujan,” kata Joni.

Pengiriman logistik sendiri dikawal Bawaslu dan pihak kepolisian Polres Mamasa. Jumlah kotak suara untuk 17 kecamatan se kabupaten Mamasa sebanyak 3,117, sementara surat suara 584.380 lembar yang tersebar untuk tiga dapil kabupaten.

Sesuai tahapan, distribusi logistik pemungutan suara selanjutnya adalah dari PPK (kecamatan) ke PPS (desa/kelurahan) pada13 – 15 April 2019, kemudian paling lambat tanggal 16 April 2019 logistik sudah tiba di TPS. (nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *