Nasdem Serahkan ‎Soal Surat Suara Tercoblos ke Bawaslu dan KPU

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Informasi dugaan surat suara sudah tercoblos di Selangor, Malaysia berimbas pada Nasdem. Sebab dalam video yang viral itu terdapat ada caleg Partai Nasdem yang ikut tercoblos.

Atas kejadian ini, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengaku baru mendapatkan informasi itu. Kini pihaknya sedang mengumpulkan bukti-bukti. “Kami baru mendengar informasi. Kami sedang mencari informasi lebih dalam apa yang sedang terjadi,” ujar Willy saat dihubungi, Kamis (11/4).

Willy berpendapat, sejatinya Nasdem tidak menginginkan adanya kecurangan di Pemilu 2019. Pasalnya partai yang dimotori Surya Paloh ini menginginkan pemilu berlangsung dengan jujur, adil, dan bersih. “Pada prinsipnya Partai Nasdem tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurdil dalam pemilu,” katanya.

Willy menegaskan, Nasdem tidak akan mengintervensi apa-apa dalam kasus ini. Pihaknya menyerahkan kasus ini diselesaikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Selanjutnya kami akan mengerahkan kepada penyelenggara Pemilu dalam ini KPU dan Bawaslu,” ungkapnya.

Sebelumnya, ‎Bawaslu mendapatkan informasi bahwa adanya temuan surat suara yang diduga sudah dicoblos di Selangor, Malaysia. Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan, pihaknya bakal segera merekomendasikan ke KPU untuk menghentikan pencoblosan di Malaysia.

“Kami akan meminta KPU menghentikan pemungitan syara di seluruh Malaysia,” ujar Fritz saat dihubungi, Kamis (11/4).

Fritz menduga panitia pemilihan di luar negeri (PPLN) tidak melakukan tugas dengan baik sehingga muncul kertas surat suara yang sudah tercoblos. “Jadi terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar, kita sudah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan,” katanya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment